Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas VII.B SMP Negeri 2 Kecamatan Harau.

Suarni, Deli (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas VII.B SMP Negeri 2 Kecamatan Harau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_DELI SUARNI_52868_2011.pdf] Text
B1_DELI SUARNI_52868_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Biologi yang selama ini dilaksanakan di SMP Negeri 2Kecamatan Harau lebih terpusat pada guru. Siswa lebih banyak menunggusajian dari guru, menerima tanpa komentar dan tanpa aktifitas berpikir. Hal inimenyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa. Usaha harus dicari untukmemperbaiki mutu pembelajaran tersebut. Pada dasarnya untukmeningkatkan hasil belajar siswa, strategi pembelajaran juga harusditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitasbelajar biologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipenumbered head together dapat meningkat.Penelitian tindakan kelas (classroom action research) ini menggunakanmodel spiral dan dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri darirencana, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalahsiswa kelas VII.b SMP Negeri 2 Kecamatan Harau dengan jumlah siswa 26orang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2010/2011. Datadikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktifitas siswa.Setelah penelitian dilaksanakan ternyata terdapat peningkatanaktifitas belajar siswa pada kelas VII.b SMP Negeri 2 Kecamatan Harau. Hal initerlihat pada aktifitas mengerjakan tugas kelompok dengan rata- rata 92,3 %pada siklus I menjadi 96,2 % pada siklus II, aktif dalam kelompok 41,0 %pada siklus I menjadi 76,9 % pada siklus II, bekerjasama dalam kelompok52,5 % pada siklus I menjadi 96,2 % pada siklus II, bersedia tampil biladitunjuk mempresentasikan hasil diskusi 25,6% pada siklus I menjadi 25,6%, menanggapi hasil diskusi kelompok lain/ bertanya 25,6 % pada siklus Imenjadi 46,2 % pada siklus II, dan aktifitas negatif cukup menurundengan kriteria cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BELAJAR BIOLOGI, PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 22 May 2025 08:19
Last Modified: 22 May 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

View Item
View Item