Teaching Writing Marrative Text by Using Ten Key Words Strategy for Senior High School Students

Vivina, Vivina (2011) Teaching Writing Marrative Text by Using Ten Key Words Strategy for Senior High School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_VIVINA_77162_2813_2011.pdf] Text
B1_VIVINA_77162_2813_2011.pdf

Download (197kB)

Abstract

Makalah ini menguraikan bagaimana strategi sepuluh kata kunci dapat digunakan dalam mengembangkan ide-ide untuk menulis teks narasi. Sepuluh kata kunci diberikan untuk setiap paragaraf yang dapat dikembangkan anak menjadi sebuah cerita narasi. Melalui sepuluh kata kunci, siswa dapat dengan mudah menuangkan suatu bentuk cerita kedalam bentuk tulisan. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan menjadi suatu alternatif bagi guru dalam mengeksplor ide siswa dalam menulis. Penggunaan strategi sepuluh kata kunci dalam pengajaran menulis narasi ini melalui lingkaran pengajaran (cycle of leraning) yaitu bkof (Building Knowledge of Text), MOT (Modeling of Text), JCOT (Join Construction of Text) dan ICOT (Independent Construction of Text). Pada BKOF, guru membangkitkan pengetahuan siswa sebelumnya yang berkaitan dengan topik yang akan diajarkan. Pada MOT, guru masuk pada pokok pelajaran dengan menjelaskan tentang teks narasi dengan memberikan contoh, geue juga mejelaskan tentang kata kunci dan mencontohkan paragraf dari kata kunci yang diberikan.setelah itu, guru membagikan kopian urutan sepuluh kata kunci untuk tiap paragraf yang akan dikembangkan siswa menjadi sebuah teks narasi. Kata kunci ini berkaitan dengan topik teks narasi yang akan diajarkan dan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Pada JCOT, guru meminta siswa untuk bekerja berpasangan untuk menghasilkan sebuah teks narasi dengan menggunkanan kata kunci yang telah diberikan. Pada ICOT guru memeriksa pemahaman siswa tentang teks narasi dengan meminta siswa untuk memproduksi teks narasi dengan tema yang mereka pilih sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 May 2025 07:14
Last Modified: 22 May 2025 07:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11806

Actions (login required)

View Item
View Item