Sari, Vivi Kurnia (2011) Using Word Webs Game in Teaching Writing Descriptive Text at Junior High School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_VIVI_KURNIA_SARI_77105_5249_2011.pdf [thumbnail of B1_VIVI_KURNIA_SARI_77105_5249_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_VIVI_KURNIA_SARI_77105_5249_2011.pdf
Download (832kB)
Abstract
Menulis merupakan salah satu bagian terpenting dalam pelajaran Bahasa Inggris. Tujuan dari pengajaran keterampilan menulis ini adalah untuk membantu siswa dalam menulis dan memahami teks tersebut. Berdasarkan Kurikulum yang dipakai di Indonesia (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), siswa kelas VII SMP harus memiliki kemampuan dalam memahami dan menulis teks desriptive dan beberapa jenis text lainnya. Namun pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menulis teks desriptive ini. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang mampu menyampaikan ide mereka dalam bentuk tulisan. Dalam mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba membahas tentang teknik pengajaran dengan menggunakan word webs sebagai teknik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis khususnya dalam teks desriptive. Dalam kegiatan ini, guru terlebih dahulu menjelaskan langkah-langkah yang akan dipelajari dan guru memodelkan langkah-langkah dalam menulis teks desriptive dengan menggunakan teknik word webs. Sebelum pembelajaran dimulai, guru menyiapkan beberapa gambar yang berfungsi sebagai word webs game. Setelah itu guru menyuruh siswa untuk membuat sebuah teks desriptive berdasarkan langkah-langkah yang telah dimodelkan guru sebelumnya dalam bentuk kelompok. Kemudian guru menyuruh dua kelompok untuk menulis tulisan mereka di papan tulis.Setelah itu guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. Melalui word webs ini, penulis berharap dapat membantu siswa dalam menulis sehingga mudah bagi siswa untuk menuangkan ide kedalam bentuk tulisan. Penulis berharap agar guru menggunakan teknik ini dalam pengajaran menulis khususnya dalam teks desriptive sehingga siswa mudah menyampaikan ide mereka dalam bentuk tulisan sehingga menghasilkan sebuah teks desriptive yang baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 May 2025 07:13 |
Last Modified: | 22 May 2025 07:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11801 |