Gambaran Kompetensi Instruktur Menurut Warga Belajar Tingkat SMP dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Bimbingan Belajar EXIS Kota Padang

Susilawitri, Nova (2014) Gambaran Kompetensi Instruktur Menurut Warga Belajar Tingkat SMP dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Bimbingan Belajar EXIS Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_NOVA_SUSILAWITRI_17997_171_2015.pdf] Text
B1_4_NOVA_SUSILAWITRI_17997_171_2015.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya hasil belajar warga belajar dalam mata pelajaran bahasa Inggris di LembagaBimbingan Belajar EXIS Kota Padang.Peneliti menduga penyebabnya adalah karena bagusnya kompetensi instruktur. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran tentang 1) kompetensi kepribadian instruktur, 2) kompetensi pedagogik instruktur, 3) kompetensi profesional instruktur dan 4) kompetensi sosial instruktur. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan tentang kompetensi instruktur. Populasi berjumlah 37 orang warga belajar. Sampel dalam penelitan ini diambil menggunaka teknik cluster sampling atau sampel gugus dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang warga belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan alat pengumpul data dengan menggunakan quesioner. Serta teknik analisa data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian terlihat bahwa gambaran kompetensi instruktur yang meliputi (1) gambaran kompetensi kepribadian instruktur dikategorikan sangat baik, (2) kompetensi pedagogik instruktur dikategorikan sangat baik, (3) kompetensi profesional instruktur dikategorikan baik dan (4) kompetensi sosial instruktur juga dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada pimpinan Lembaga Bimbingan Belajar agar lebih memperhatikan dan meningkatkan lagi kompetensi instruktur melalui studi lanjut atau pelatihan instruktur, kepada instruktur Lembaga Bimbingan Belajar agar tetap mempertahankan dan meningkatkan lagi kompetensi yang dimiliki, dan kepada pengelola Lembaga Bimbingan Belajar EXIS yang melaksanakan program pendidikan diharapkan menjadi percontohan bagi lembaga lain dan dapat dijadikan bahan pendalaman bagi yang akan meneliti lebih lanjut tentang kompetensi instruktur.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Instruktur, EXIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 May 2025 07:13
Last Modified: 22 May 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11800

Actions (login required)

View Item
View Item