Putri, Noni Eka (2012) Pengaruh Penggunaan Strategi Bertanya terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA N 1 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_NONI_EKA_PUTRI_79560_3394_2012.pdf [thumbnail of B1_4_NONI_EKA_PUTRI_79560_3394_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_NONI_EKA_PUTRI_79560_3394_2012.pdf
Download (905kB)
Abstract
Hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMA N 1 Solok Selatan masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang berlangsung di kelas cenderung satu arah yang terpusat pada guru (teacher centered) dengan metode ceramah dan dalam bertanya guru tidak menggunakan pertanyaan yang terstruktur dan guru bertanya sesuai dengan apa yang ada dalam buku paket sehingga siswa tidak mau mengeluarkan pendapatnya dan siswa tidak paham dengan materi. Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti menggunakan strategi bertanya dalam proses pembelajaran dimana pertanyaan diajukan secara terstruktur dan kontektual sehingga siswa mau mengeluarkan pendapat dan paham dengan materi yang diajarkan. Hipotesis yang diajukan adalah : Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan strategi bertanya terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dilaksanakan secara eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Solok Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan memakai jenis sampel “probability sampling” dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua lokal sebagai kelas kontrol adalah X3 dan kelas eksperimen kelas X4. Teknik analisa data yang dilakukan dengan menggunakan uji t dengan terlebih dahulu melakukan uji homogenitas dan uji normalitas kelas sampel. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan hasil pengujian hipotesis terdapat perbedaan hasil belajar sosiologi antara proses pembelajaran menggunakan strategi bertanya yaitu nilai rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen pada soal konsep adalah 15,23 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol pada soal konsep adalah 11,26. Pengelolahan data test dilakukan dengan menggunakan uji t. Diperoleh harga t hitung = 6,50 > t tabel = 2,00, maka H0 ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi bertanya terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMA N I Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bertanya, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 May 2025 07:10 |
Last Modified: | 22 May 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11777 |