Fitri, Syahrul (2011) Penggunaan Alat Peraga Sederhana pada Pembelajaran Fisika dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII.3 SMPN 1 Lunang Silaut. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_SYAHRUL FITRI-10269-2011.pdf [thumbnail of B1_SYAHRUL FITRI-10269-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_SYAHRUL FITRI-10269-2011.pdf
Download (266kB)
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di sekolah sering terkendala karena rendahnya aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Gejala terlihat pada saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh dalam belajar. Tugas-tugas yang diberikan guru baik untuk dikerjakan di kelas atau dirumah, hanya dikerjakan dengan menyalin pekerjaan temannya. Hal ini dapat berpengaruh buruk pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan metode penggunaan alat peraga sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VII.3 SMPN 1 Lunang Silaut. Teknik pengumpulan data adalah dengan pengisian lembar observasi oleh observer, pengisian angket oleh siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa berhasil ditingkatkan sehingga semua indikator yang diamati sudah berada pada criteria baik sekali. Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat dari 55,00% pada siklus I menjadi 81,58% pada siklus II. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga meningkat sebesar dari 55,85 pada siklus I menjadi 61,92 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pengguanaan alat peraga sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Sederhana, Pembelajaran Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 May 2025 07:09 |
Last Modified: | 22 May 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11773 |