Penggunaan Alat Peraga Sederhana pada Pembelajaran Fisika dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII.3 SMPN 1 Lunang Silaut

Fitri, Syahrul (2011) Penggunaan Alat Peraga Sederhana pada Pembelajaran Fisika dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII.3 SMPN 1 Lunang Silaut. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_SYAHRUL FITRI-10269-2011.pdf] Text
B1_SYAHRUL FITRI-10269-2011.pdf

Download (266kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di sekolah sering terkendala karena rendahnya aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Gejala terlihat pada saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh dalam belajar. Tugas-tugas yang diberikan guru baik untuk dikerjakan di kelas atau dirumah, hanya dikerjakan dengan menyalin pekerjaan temannya. Hal ini dapat berpengaruh buruk pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan metode penggunaan alat peraga sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VII.3 SMPN 1 Lunang Silaut. Teknik pengumpulan data adalah dengan pengisian lembar observasi oleh observer, pengisian angket oleh siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa berhasil ditingkatkan sehingga semua indikator yang diamati sudah berada pada criteria baik sekali. Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat dari 55,00% pada siklus I menjadi 81,58% pada siklus II. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga meningkat sebesar dari 55,85 pada siklus I menjadi 61,92 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pengguanaan alat peraga sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Sederhana, Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 May 2025 07:09
Last Modified: 22 May 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11773

Actions (login required)

View Item
View Item