Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Kooperatif / Model Jigsaw pada mata pelajaran IPS – Sejarah di SMP N 2 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Syafwandi, Syafwandi (2011) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Kooperatif / Model Jigsaw pada mata pelajaran IPS – Sejarah di SMP N 2 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_SYAFWANDI_52820_1381_2011.pdf] Text
B1_SYAFWANDI_52820_1381_2011.pdf

Download (288kB)

Abstract

Pada pembelajaran IPS – Sejarah permasalahan yang dihadapi di kelas setiap pembelajaran berlangsung adalah rendahnya motivasi belajar siswa, hal ini terlihat sewaktu proses pembelajaran berlangsung. Dimana terlihat kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, siswa sering minta izin dan siswa banyak yang tidak mempunyai catatan lengkap. lebih kurang 60% siswa memperoleh nilai ulangan harian dibawah Standar Ketuntasan Belajar Minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS – Sejarah, disebabkan juga oleh karena siswa kurang memahami konsep yang diajarkan . Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran IPS - Sejarah atau untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran , maka penulis mencoba menerapkan metode Pembelajaran Kooperatif / model Jigsaw dalam proses pembelajaran . Metode pembelajaran Kooperatif / model Jigsaw ini dapat meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran IPS – Sejarah. Pendekatan kooperatif model Jigsaw ini adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya (Arends, 1997:26) dalam buku Asma, 2006:71) Menurut hasil pengamatan penulis mulai dari kegiatan pra pembelajaran Kooperatif – Model Jigsaw, setelah pembelajaran, dan pemantauan motivasi saat berlangsungnya proses belajar mengajar, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif / Model Jigsaw, mata pelajaran IPS – Sejarah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 May 2025 07:09
Last Modified: 22 May 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item
View Item