Applying Paraphrasing Technique in Teaching Reading Comprehension at Senior High Schools

Salfrianti, Susi (2011) Applying Paraphrasing Technique in Teaching Reading Comprehension at Senior High Schools. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_SUSI_SALFRIANTI_67381_774_2011.pdf] Text
B1_SUSI_SALFRIANTI_67381_774_2011.pdf

Download (654kB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa SMA, karena dengan membaca mereka akan dapat memperoleh berbagai macam informasi. Oleh karena itu, membaca merupakan aktivitas yang sangat penting untuk perkembangan pengetahuan siswa, akan tetapi kebanyakan siswa SMA ketika membaca teks berbahasa Inggris mereka hanya sekedar membaca, mereka kurang bisa memahami isi teks tersebut. Untuk itu, dalam makalah ini penulis mencoba menguraikan salah satu teknik yang bisa digunakan oleh guru dalam mengajar reading, yaitu paraphrasing technique. Dalam teknik ini siswa dituntut untuk menceritakan kembali isi teks/bacaan yang telah mereka baca dengan menggunakan kata- kata mereka sendiri, tanpa merubah makna asli dari bacaan tersebut. Dalam pengaplikasian teknik ini ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru, pertama pre teaching activities, dalam kegiatan ini guru akan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi kepada siswa, kemudian whilst teaching activities, dalam kegiatan ini guru baru mulai mengaplikasikan paraphrasing technique dalam pengajaran reading, pertamatama guru menyuruh siswa untuk membaca teks yang telah diberikan, kemudian guru meminta siswanya untuk mencari main idea dan kata-kata sulit yang ada dalam teks (perparagraf), dan setelah itu guru meminta siswa untuk membuat paragraf baru dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri. Dengan menggunakan teknik ini diharapkan agar siswa SMA dapat memperbaiki kemampuan mereka dalam memahami teks/bacaan yang berbahasa Inggris, karena dengan menggunakan kata-kata sendiri siswa lebih mudah untuk mengingat apa yang telah mereka baca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 May 2025 07:08
Last Modified: 22 May 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11766

Actions (login required)

View Item
View Item