Teaching Writing a Birthday Invitation Card through PPP (Presentation, Practice and Product) Method to Junior High School Student

Putri, Sumira (2011) Teaching Writing a Birthday Invitation Card through PPP (Presentation, Practice and Product) Method to Junior High School Student. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_SUMIRA_PUTRI_77110_5885_2011.pdf] Text
B1_SUMIRA_PUTRI_77110_5885_2011.pdf

Download (580kB)

Abstract

Dalam pengajaran bahasa Inggris ada empat kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa; mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing). Keempat kemampuan tersebut berkaitan satu sama lainnya. Namun pada kenyataannya, menulis sangatlah sulit bagi siswa. Kurangnya penguasaan kosakata, tidak paham dengan situasi/konteks dan kurangnya motivasi merupakan faktor penghambat siswa dalam menulis. Makalah ini bertujuan untuk menyampaikan sebuah metode mengajar (writing) yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis terutama dalam fungsional teks pada tingkat SMP. Melalui metode ini, akan terlihat bagaimana guru menguasai materi dengan baik. Dan sejauh mana siswa mampu memakai bahasa dari materi yang telah dipelajari dalam menulis teks fungsional, seperti: kartu undangan ulang tahun (birthday invitation card). Dalam pelaksanaan metode ini, ada tiga tahapan yaitu: 1) presentation, guru menjelaskan situasi dan kosakata yang berkaitan dengan undangan kartu ulang tahun melalui story telling dan gambar-gambar, 2) practice, siswa dilatih pemahamannya dalam membuat kartu undangan ulang tahun melalui pair work, 3) production, siswa membuat kartu undangan ulang tahun mereka sendiri berdasarkan instruksi yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan metode PPP (Presentation, Practice and Production) dan bantuan media diharapkan guru mampu menjadikan bahasa Inggris khususnya menulis sebagai pelajaran yang menyenangkan bagi siswa tingkat SMP. Selain itu, siswa diharapkan dapat termotivasi untuk belajar menulis teks dalam bahasa Inggris sehingga mereka mampu memahami dan menggunakan bahasa yang telah dipelajari dengan baik dan benar untuk berinteraksi dengan lingkungan mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 May 2025 07:08
Last Modified: 22 May 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item
View Item