Pengembangan Blog Interaktif Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sosiologi Kelas X

Sahuri, Feri Hidayat (2016) Pengembangan Blog Interaktif Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sosiologi Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FERI_HIDAYAT_SAHURI_1101792_5985_2016.pdf] Text
B1_4_FERI_HIDAYAT_SAHURI_1101792_5985_2016.pdf

Download (657kB)

Abstract

Kurikulum 2013 sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan proses
pembelajaran menekankan untuk menggunakan pendekatan saintifik dalam
pembelajaran. Penggunaan pendekatan saintifik secara optimal diharapkan dapat
meningkatkan kemampuan matematis peserta didik, salah satunya kemampuan
pemahaman konsep. Namun kenyataan di lapangan ditemukan bahwa penerapan
pendekatan saintifik dalam pembelajaran belum optimal sehigga kemampuan
peserta didik tidak berkembang. Hal ini disebabkan karena kurangnya inovasi
dalam pembelajaran yang mendukung pelaksanaan pendekatan saintifik. Sumber
belajar alternatif Blog merupakan salah satu media yang dapat digunakan yang
dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran. Blog yang digunakan dalam
pembelajaran masih dapat berisi penjabaran materi, contoh soal, dan latihan yang
yang dapat mendukung pelaksanaan pendekatan saintifik serta mengembangkan
kemampuan pemehaman konsep secara inovatif. Oleh sebab itu, dibutuhkan
pengembangan Blog yang mendukung pelaksanaan pendekatan saintifik dan
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model McKenney yang
tediri dari tahap Preliminary, Prototyping dan Assesment Stage. Tahap
Preliminary meliputi analisis peserta didik, analisis struktur isi dan analisis
konsep. Prototyping merupakan tahap untuk merancang media alternatif Blog
yang terdiri Prototype 1, Prototype 2 dan Prototype 3. Pada Prototype 1 dilakukan
self evaluation dan expert reviews. Expert reviews diperlukan untuk uji validitas
Blog. Pada Prototype 2 dilakukan one to one evaluation yaitu mencobakan Blog
yang sudah divalidasi kepada enam orang peserta didik dengan kemampuan
berbeda. Pada Prototype 3 dilakukan field test. Uji lapangan dilakukan untuk
mengetahui praktikalitas Blog. Tahap terakhir adalah asessment yang merupakan
tahap menerapkan Blog berbasis scientific approach dalam pembelajaran
kemudian dilihat kemampuan peserta didik dengan menggunakan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Blog mempunyai tingkat validitas
89,04% dengan kategori sangat valid. Blog praktis berdasarkan hasil angket,
observasi dan wawancara. Blog efektif digunakan dalam pembelajaran dengan
persentase ketuntasan 91,93%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan
bahwa sumber belajar alternatif Blog yang dihasilkan sudah valid, praktis dan
efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 May 2025 04:11
Last Modified: 22 May 2025 09:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item
View Item