Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Pariaman

Putra, Nofrianto (2019) Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_NOFRIANTO_PUTRA_14073075_2100_2019.pdf] Text
B1_4_NOFRIANTO_PUTRA_14073075_2100_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengetahui cara peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran CTL pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif (PDTO) siswa kelas X jurusan teknik bisnis sepeda motor (TBSM). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pariaman. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa proses, yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes disetiap akhir siklus dan non-tes yang didapat dari lembaran hasil observasi. Sebelum penelitian tindakan kelas dilakukan, diadakan tes awal terlebih dahulu (Pre-test) setelah itu dilaksanakan post-test pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran CTL pada mata pelajaran PDTO prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 68,96% dengan nilai rata-rata 69,79, mengalami peningkatan pada siklus II pesentase ketuntasan sebesar 82,75 % dengan nilai rata- rata 76,68. Pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 86,20% dengan nilai rata- rata 80,27. Tindakan yang diberikan pada setiap siklus berupa memperlihatkan contoh gambar, membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi kelompok, memberikan contoh video sebelum melakukan kegiatan pratikum dan menjelaskan contoh penerapan materi pada bengkel otomotif atau pada lingkungan sekitar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 May 2025 04:11
Last Modified: 22 May 2025 09:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item
View Item