Resfayeni, Resfayeni (2014) Keterampilan Membuat Kripik Ubi Ungu Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas VII SLB Yapem Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RESFAYENI_1107799_849_2014.pdf [thumbnail of B1_2_RESFAYENI_1107799_849_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RESFAYENI_1107799_849_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang nampak di lapangan yaitu empat orang anak tunagrahita ringan yang sedang belajar keterampilan membuat kripik ubi ungu dengan bahan ubi jalar masih banyak mengalami kendala. Dari empat siswa yang mengikuti hanya dua siswa yang
dinyatakan mampu tuntas dalam membuat kripik ubi ungu dengan
menggunakan10 proses pembuatan. Dua siswa tersebut peneliti angkat menjadi teman sebaya untuk membantu dua siswa lagi agar keempat siswa yang diteliti terampil dalam membuat kripik ubi ungu Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang dilakukan berkolabirasi dengan teman sejawat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, dan tes, kemudian dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bantuan teman sebaya dalam pembuatan kripik ubi ungu melalui dua siklus. Pada siklus I ada lima kali pertemuan dan pada siklus II ada empat kali pertemuan, yang diawali
dengan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
Hasil assemen (tes awal) kemampuan AN 85%, DW 80%, AM 0%, dan FD 5%. Siklus I AN memperoleh nilai 100%, DW 100%, AM 50% dan FD 60%.Pada siklus II AN memperoleh nilai 100%, DW memperoleh nilai 100%, AM memperoleh nilai 100% dan FD memperoleh nilai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dan keberhasilan setelah diadakan perbaikan dan peran serta teman sebaya dalam membantu membuat kripik ubi ungu. Maka disarankan kepada guru dalam mengajarkan keterampilan bagi anak tunagrahita ringan lebih baik dilibatkan siswa yang mampu atau tuntas untuk membantu teman yang belumnya yang belum tuntas (Tutor Sebaya), agar anak tunagrahita ringan mampu mandiri mandiri baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat serta dapat hidup layak dengan ekonomi yang baik berkat memiliki keterampilan yang
dapat menjamin masa depan mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:10 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11735 |