Bimbingan Belajar (Bimbel) Mata Pelajaran Sejarah SMA di Ganesha Opration (GO) Kota Pariaman.

Putra, Renza (2016) Bimbingan Belajar (Bimbel) Mata Pelajaran Sejarah SMA di Ganesha Opration (GO) Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RENZA_PUTRA_13219_1338_2016.pdf] Text
B1_2_RENZA_PUTRA_13219_1338_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lembaga bimbingan Belajar (bimbel) merupakan lembaga pendamping belajar siswa sekaligus mitra sekolah dan orang tua, dalam rangka membantu meningkatkan mutu pendidikan dengan pembelajaran yang sistematis dan terprogram sebagai bekal untuk melanjutkan pendididkan kejenjang yang lebih
tinggi, serta kebutuhaan untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Idealnya jika pembelajaran sejarah yang dilakukan di sekolah tercapai tujuannya, maka siswa tidak perlu lagi mengikuti belajar tambahan. Apalagi pelayanan yang diberikan di bimbel bersifat komersil, sehingga para siswa yang mengikutinya dikenakan biaya operasional untuk jasa yang didapatkannya. Namun kenyataan dari data 5 tahun terakhir jumlah siswa yang mengikuti bimbel di GO Kota Pariaman terus
meningkat. Apa yang menjadi motif siswa untuk mengikuti program bimbel, bagaimana cara belajar sejarah di bimbel GO Kota Pariaman, dan apa saja manfaat yang diperoleh siswa dari bimbel sejarah tersebut. Objek penelitian adalah siswa kelas XII yang mengikuti bimbel mata pelajaran sejarah di GO Kota Pariaman serta pengajar mata pelajaran sejarah di
lembaha bimbel tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, selain itu juga didukung dengan observasi. Supaya data valid dan dapat dipercaya, maka
dalam penelitian ini dilakukan Triagulasi data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini Motif para siswa mengikuti bimbel sejarah di GO
Kota Pariaman adalah (1) keinginan untuk meningkatkan pemahaman materi sejarah, (2) Ingin mendapatkan hasil belajar sejarah yang baik, dan (3) untuk pengayaan materi. Cara belajarnya; (1) Mengolah materi pelajaran, (2) Membahas
soal, (3) Tutor di luar PBM, (4) Try out. Manfaat yang didapatkan dari bimbel sejarah di GO Kota Pariaman ini dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu bagi siswa dan orangtua. Bagi siswa yaitu: (1) membantu daya serap materi, (2) membantu
dalam penyelesaian tugas-tugas sekolah, (3) membantu meningkatkan hasil belajar, (4) siap lebih dini untuk masuk PTN. Manfaat bimbel bagi orang tua yaitu: memudahkan orang tua dalam memantau perkembangan belajar anaknya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motif siswa mengikuti bimbel karena dorongan untuk menguasai materi, hasil belajar yang lebih baik, dan pengayaan materi, cara belajarnya dengan mengolah materi, membahas soal, tutor, dan try out, manfaatnya yang didapat yaitu: membantu daya serap, penyelesaian tugas,mengingkatkan hasil belajar, siap lebih dini memasuki PTN dan memudahkan orang tua dalam memantau perkembangan anaknya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 May 2025 04:08
Last Modified: 22 May 2025 04:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11722

Actions (login required)

View Item
View Item