Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia Dan Dunia Kelas Xi F 7 Sma Negeri 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota

Handayani, Petra (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia Dan Dunia Kelas Xi F 7 Sma Negeri 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_PETRA_HANDAYANI_19045035_2147_2023.pdf] Text
B1_01_PETRA_HANDAYANI_19045035_2147_2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran geografi kelas XI F 7 SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran tipe
Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
kompetensi dasar sebaran flora dan fauna di Indonesia dan Dunia kelas XI F 7
SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki pada semester ganjil tahun
ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI F 7 yang
berjumlah 32 orang. Prosedur dalam penelitian ini meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah observasi, tes hasil belajar, dan analisis dokumen.
Data di analisis melalui presentase dan reduksi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI F 7 SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki.
Hal itu dibuktikan dengan perkembangan siklus I dan siklus II, dan dapat
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar, dimana
ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 53% atau hanya 17 orang dari 32
siswa sedangkan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 88% atau
sebanyak 28 orang siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajarnya. Peningkatan
hasil belajar tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang menarik dan adanya
tindakan pergantian kelompok serta pemberian rewards dari guru.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Geografi, Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 10 Feb 2025 02:06
Last Modified: 10 Feb 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item
View Item