Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran IPS Ditinjau dari Segi Media Pembelajaran di SMP N I Dua Koto Kabupaten Pasaman

Vibra, Reno (2014) Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran IPS Ditinjau dari Segi Media Pembelajaran di SMP N I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RENO_VIBRA_84584_6714_2016.pdf] Text
B1_2_RENO_VIBRA_84584_6714_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah minimnya penggunaan media dalam pembelajaran IPS di SMP N I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Hal ini dilihat dari kegiatan belajar mengajar IPS di SMPN I Dua Koto yang jarang menggunakan
media dalam pembelajaran padahal media dapat memudahkan siswa dalam menyerap setiap materi yang diberikan oleh guru. Untuk itu peneliti ingin melihat bagaimana sebenarnya penggunaan media pembelajaran di sekolah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui media yang digunakan guru dalam membelajarkan anak yang terkait pokok bahasan untuk mencapai tujuan masingmasing pokok bahasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan cara observasi,wawancara dan membandingkan data yang didapat dilapangan dengan standar yang menjadikan patokan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi terhadap RPP yang dibuat oleh guru IPS. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data,membandingkan data dan menyimpulkan data. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru IPS dan siswa di SMPN 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Hasil penelitian diketahui penggunaan media oleh guru IPS di SMPN I Dua
Koto masih jauh dari yang diharapakan. Dalam penggunaan media pembelajaran didalam kelas masih sangat minim, ditemukan beberapa faktor yang menjadi kendala seperti waktu yang tersedia, sarana dan prasarana yang kurang memadai
dan kurangnya keberanian dan kreatifitas guru.
Berdasarkan hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran IPS di SMPN I Dua Koto belum terlaksana sepenuhnya,sehingga tujuan peserta didik untuk memiliki kemampuan sebagaimana yang telah ditetapkan pada Permendiknas No. 22 tentang standar isi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 May 2025 04:08
Last Modified: 22 May 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11719

Actions (login required)

View Item
View Item