Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia Anak Usia Empat Tahun Dua Bulan (4;2) (Studi Kasus pada Seorang Anak)

Gustanti, Nilda (2013) Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia Anak Usia Empat Tahun Dua Bulan (4;2) (Studi Kasus pada Seorang Anak). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_NILDA_GUSTANTI_96428_5024_2013.pdf] Text
B1_4_NILDA_GUSTANTI_96428_5024_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hal berikut: (1) pola kalimat deklaratif anak usia empat tahun dua bulan, (2) pola kalimat interogatif anak usia empat tahun dua bulan, (3) pola kalimat imperatif anak usia empat tahun dua bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah pola kalimat deklaratif, interogatif, dan imperatif anak usia empat tahun dua bulan. Sumber data penelitian ini adalah tindak tutur anak usia empat tahun dua bulan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah metode cakap, simak, pengamatan dan didukung oleh teknik observasi dan rekam. Data yang sudah diperoleh ditranskipkan ke dalam bahasa tulis, diinventarisasikan, diidentifikasi, diklasifikasi, dan setelah itu baru disimpukan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, jenisjenis kalimat ditinjau dari bentuk sintaksis yang diujarkan oleh anak usia 4;2 terdiri atas kalimat deklaratif, interogatif, dan imperatif. Frekuensi penggunaan kalimat oleh anak usia 4;2 tahun adalah kalimat deklaratif, interogatif, imperatif. Kedua, pola kalimat deklaratif ditinjau dari fungsi sintaksis yang diujarkan anak umur 4;2 beragam jenisnya, yaitu subjek (S), subjek-predikat (S-P), predikat-objek (P-O), predikat (P), predikat-subjek (P-S), subjek-predikat-objek (S-P-O), subjek-predikat- pel (S-P-Pel), subjek-keterangan (S-Ket) dan subjek-predikat-keterangan (S-P-Ket). Pola kalimat deklaratif yang paling dominan digunakan anak usia 4;2 tahun adalah pola subjek-predikat-objek (S-P-O). Ketiga, Pola kalimat interogatif yang diujarkan anak usia 4;2 adalah pola apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Pola kalimat interogatif yang paling dominan digunakan anak usia 4;2 tahun adalah pola apa. Keempat, pola kalimat imperatif anak usia 4;2 adalah menggunakan pola menyuruh, mengajak, mengharap, dan larangan. Pola kalimat imperatif yang paling dominan digunakan anak usia 4;2 tahun adalah pola menyuruh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kalimat, Anak, Kalimat, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 May 2025 02:38
Last Modified: 22 May 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item
View Item