Using Comic Strips as a Medium in Teaching Writing a Narrative Text to Junior High School Students.

Budiati, Budiati (2010) Using Comic Strips as a Medium in Teaching Writing a Narrative Text to Junior High School Students. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_BUDIATI_10368_1830_2011.pdf] Text
B1_BUDIATI_10368_1830_2011.pdf

Download (641kB)

Abstract

Salah satu bentuk berkomunikasi adalah dengan menggunakan bahasatulisan (writing). Dalam writing, pembicara menuangkan pemikiran, perasaan, danide-idenya diatas sehelai kertas atau yang disebut dengan bahasa tulisan, sehinggapembicara bisa mengekspresikan segala sesuatu yang dirasakannya, layaknyaorang yang sedang berbicara dengan bahasa lisan.Writing juga diajarkan pada tingkat Sekolah Menengah pertama(SMP). Pengajaran writing di SMP megharuskan siswa untuk menguasai writingdalam bentuk text types (jenis-jenis teks) seperti naratif, deskriptif dan recount.Dari beberapa jenis teks diatas, teks naratif merupakan salah satu teks yang cukupdikenal siswa karena teks naratif adalah sebuah teks yang menceritakan tentanghewan, dongeng, dan cerita rakyat, yang semuanya sering mereka dengar ataubaca.Meskipun teks naratif dikategorikan sebagai cerita yang cukup dikenalsiswa, hal ini bukan berarti mereka paham dan bisa menulis teks naratif denganbaik. Banyak permasalahan dilapangan yang menunjukkan ketidakmampuansiswa dalam menulis teks naratif, seperti kesalahan dalam penggunaan kosakata,tata bahasa, tidak adanya hubungan atau keterkaitan antara tulisan dengan topik,dan lain sebagainya.Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan diatas, comic stripsmerupakan salah satu solusi yang bisa digunakan guru untuk mengajarkan siswacara menulis teks naratif yang benar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEACHING WRITING,NARRATIVE TEXT
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 22 May 2025 02:37
Last Modified: 22 May 2025 02:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item
View Item