Febriani, Jeni (2021) Hubungan antara Strategi Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Anak di Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_JENI_FEBRIANI_16005065_962_2022.pdf [thumbnail of B1_4_JENI_FEBRIANI_16005065_962_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_JENI_FEBRIANI_16005065_962_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar anak di
Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji
Kota Padang diduga ada hubungannya dengan strategi pembelajaran. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengungkap gambaran mengenai strategi
pembelajaran, motivasi belajar anak, dan mengungkapkan hubungan antara
strategi pembelajaran dengan motivasi belajar anak di Perguruan Pencak Silat
Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi
dari penelitian ini adalah peserta didik yang terdaftar di Perguruan Pencak Silat
Silaturrahmi tahun 2020 yang berjumlah 84 orang dan sampel sebanyak 60% yaitu
51 orang dengan teknik penarikan sampel yaitu stratified random sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan alat yang digunakan
yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus
product moment.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran di
perguruan pencak silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji
Kota Padang tergolong tidak efektif; (2) motivasi belajar anak di perguruan
pencak silat silaturrahmi kelurahan kalumbuk kecamatan kuranji kota padang
tergolong rendah; (3) adanya hubungan yang signifikan antara strategi
pembelajaran dengan motivasi belajar anak di Perguruan Pencak Silat
Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Saran
penelitian ini adalah diharapkan kepada pengelola Perguruan Pencak Silat
Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang agar dapat
mendorong pelatih membuat strategi pembelajaran yang menarik bagi peserta
didik demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 May 2025 09:23 |
Last Modified: | 21 May 2025 09:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11674 |