The Forms and Meanings of Structural Ambiguity in News Headlines of the Jakarta Post

Ariani, Darsi (2012) The Forms and Meanings of Structural Ambiguity in News Headlines of the Jakarta Post. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DARSI_ARIANI_86814_3619_2012.pdf] Text
B1_4_DARSI_ARIANI_86814_3619_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Makalah yang berjudul” The Forms and Meanings of Structural
Ambiguity in News Headlines of The Jakarta Post” ini membahas tentang
jenis frase-frase dan kalimat-kalimat yang ambigu secara struktural yang
ditemukan dalam surat kabar The Jakarta Post. Penulis memilih topik ini
karena penulis ingin mengetahui bahwa ambigu bisa terjadi di situasi
apapun dan dimanapun baik di dalam percakapan sehari-hari maupun di
dalam teks tertulis. Oleh sebab itu, penulis menganalisis dengan
menggunakan diagram labeled bracket. Jenis penilitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.
Data yang dikumpulkan berupa frase- frase dan kalimat- kalimat
yang mengandung ambigu atau banyak arti secara struktural mulai dari
tanggal 1 sampai 8 Maret 2012 yang hanya terfokus pada kolom business
(bisnis). Penulis mengumpulkan data sebanyak 50 dan ditampilkan hanya
15 frase dan kalimat/ klausa. Dari hasil analisis, penulis menemukan
bahwa judul berita atau artikel bentuk frase lah yang dominan muncul
daripada bentuk kalimat yang ambigu secara struktural. Untuk
menjelaskan hal tersubut digunakan sistem labeled bracket yang jika
pindah ke konstituen lain maka dapat mengubah makna frase atau kalimat
itu sendiri. Hal ini yang membuat pembaca keliru dalam memahami judul
artikel tersebut karena karakteristik berita harus ditulis secara singkat,
jelas, padat dan efisien.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 May 2025 09:23
Last Modified: 21 May 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item
View Item