Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Sejarah di SMP N I3 Padang

Fransiska, Reni (2012) Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Sejarah di SMP N I3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RENI_FRANSISKA_84539_5853_2012.pdf] Text
B1_2_RENI_FRANSISKA_84539_5853_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa SMP N13 Padang, dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah dan di rumah,rendahnya motivasi belajar disebabkan oleh beberap faktor di antaranya
kecanduaan bermain game online. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kecanduan Game Online dengan belajar
sejarah siswa SMPN 13 Padang. Jenis penelitian ini ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa laki-laki kelas VII SMP N 13 Padang berjumlah 150 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang yang ditentukan dengan mengggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. Data
kecanduan game online dan motivasi belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment dan untuk kontribusinya menggunakan
koefisien determinan. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung -0,549 >r tabel
0,254. Bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan Game Online dengan motivasi belajar sejarah siswa SMP N 13 Padang dengan koefisien determinan sebesar 30,14%.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecanduan bermain Game Online dengan motivasi belajar sejarah siswa SMPN 13 Padang.
Berdasarkan kesimpulan, disarankan kepada guru untuk berperan aktif mengawasi siswa dalam bermain game online. Dengan memberikan gambaran manfaat dan kerugian bermain game online terhadap kegiatan belajar yang pada
akhirnya akan menurunkan motivasi belajar siswa untuk belajar dan memantau kehadiran siswa dan menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Melarang siswa bermain game online yang akan membuat siswa kecanduan, sehingga motivasi belajar siswa menjadi rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 May 2025 07:48
Last Modified: 21 May 2025 07:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11642

Actions (login required)

View Item
View Item