Improving Senior High School Students Ability to Write Hortatory Text Through Guided Writing Procedures.

Sari, Ayu Dwi Puspita (2010) Improving Senior High School Students Ability to Write Hortatory Text Through Guided Writing Procedures. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_AYU_DWI_PUSPITA_SARI_77134_1678_2011.pdf] Text
B1_AYU_DWI_PUSPITA_SARI_77134_1678_2011.pdf

Download (323kB)

Abstract

Makalah ini membahas tentang prosedur pengajaran menulis melaluilangkah-langkah atau panduan ”guided writing” dalam menulis untukmeningkatkan kemampuan siswa. Diharapkan dengan mengikuti panduanpanduan dalam menulis ini siswa dapat menuangkan pikirannya kedalam bentuktulisan dan membuat mereka tertarik dengan kegiatan menulis dalam prosesbelajar mengajar. Jenis text yang ingin penulis paparkan adalah HortatoryExposition text. Hortatory Exposition text adalah jenis text yang memberikanbeberapa pernyataan atau pendapat pada sesuatu yang harus atau tidak harusdilakukan menurut pendapat penulis. Ini bertujuan untuk membujuk pembaca ataupendengar dengan memberikan pernyataan pendukung.Salah satu strategi yang digunakan dalam menerangkan HortatoryExposition text ini adalah melalui ”guided writing” atau langkah-langkahmemandu siswa dalam kegiatan menulis. Dalam kegiatan ini, guru terlebih dahulumenjelaskan materi yang akan dipelajari, kemudian guru memodelkan langkahlangkah dalam menulis hortatory exposition text. Setelah itu, guru memberikansebuah topik kepada siswa dan menyuruh siswa bekerja bepasangan denganmengikuti langkah-langkah yang telah diberikan oleh guru. Kemudian gurumenyuruh satu pasangan untuk menulis pekerjaan mereka dipapan tulis. Setelahitu, guru dan pasangan lain memberikan komentar atau saran. Setelah menerimakomentar atau saran, siswa mencoba untuk mengoreksi pekerjaan yang telahmereka buat. Kemudian guru memberikan kesimpulan tentang materi kepadasiswa.Melalui penerapan strategi ”guided writing” penulis berharap dapatmemotivasi siswa untuk lebih aktif dan membantu siswa dalam menuangkan idekedalam tulisan. Penulis juga berharap guru biasa menggunakan modelpembelajaran ini dalam pengajaran menulis khususnya teks hortatory berdasarkanprosedur yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STUDENTS ABILITY, EXPOSITION TEXT, WRITE HORTATORY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 May 2025 07:03
Last Modified: 21 May 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item
View Item