Asrul, Asrul (2010) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) di Kelas VIII4 SMP N 3 Rambatan Tahun Pelajaran 2009/2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_ASRUL_10385_308_2010.pdf [thumbnail of B1_ASRUL_10385_308_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_ASRUL_10385_308_2010.pdf
Download (388kB)
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMP N 3Rambatan khususnya kelas VIII4 masih rendah. Untuk itu perlu dilakukan upayameningkatkan aktifitas dan hasil belajar dengan pendekatan problem basedinstruction. Tujuan umum dari penelitian tindakan kelas ini adalah untukmemperbaiki proses pembelajaran di kelasVIII4, secara khusus untuk meningkatkanaktivitas dan hasil belajar biologi siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana tindakan yangdilakukan adalah penerapan model pembelajaran problem based instruction.Aspek yang di amati yaitu aktivitas positif, memperhatikan penjelasan guru, bekerjasama dalam kelompok, interaksi siswa antar kelompok, mengajukan pertanyaan, aktifmengamati objek media pendidikan (charta), menanggapi jawaban teman, mencatatkesimpulan, sedangkan aktivitas negatif bercanda atau meribut waktu prosespembelajaran, sering minta izin ke luar ruangan waktu belajar. Untuk mengukurketercapaian aktivitas siswa digunakan teknik analisis data dengan rumusP = X100%NF .Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan yang telah dilakukanmaka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem basedinstruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelasVIII4 SMPN 3 Rambatan tahun pelajaran 2009/2010. Peningkatan aktivitas siswameliputi memperhatikan penjelasan guru 23%, bekerja sama dalam kelompok 23,9%,interaksi antar kelompok 44,4%, mengajukan pertanyaan 53%, aktif mengamatiobjek/media pendidikan/charta 31,6%, menanggapi jawaban teman 25,8%, mencatatkesimpulan 28,8%, aktivitas negatif dari refleksi awal sampai siklus II menurun yaitubercanda/meribut waktu proses pembelajaran 21,7%, mempermainkan alat-alat waktuproses pembelajaran 21%, sering minta izin keluar ruangan waktu pembelajaran22,9%. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pemahaman konsep(kognitif ) siswa dari refleksi awal sampai siklus II yaitu pemahaman konsep ataukognitif meningkat ( 14,4% ). Dengan demikian dapat disimpulkan denganpendekatan problem based intruktion dapat meningkatkan aktifitas positif,menurunkan aktifitas negatif dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:29 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11634 |