Persepsi Guru Sejarah Tentang Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Program Sertifikasi Guru.

Arnila, Reni (2013) Persepsi Guru Sejarah Tentang Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Program Sertifikasi Guru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RENI_ARNILA_05514_5901_2013.pdf] Text
B1_2_RENI_ARNILA_05514_5901_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sertifikasi guru adalah suatu program yang dirancang oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan. Sertifikasi ini dilaksanakan melalui penilaian portofolio dengan ketentuan bahwa guru-guru harus mengumpulkan lebih kurang 850 poin dan bagi yang tidak lulus harus mengikuti diklat sertifikasi guru. Diklat sertifikasi guru diselenggarakan selama minimal 10 hari berturut-turut. Namun, pada pelaksanaannya banyak guru yang mengeluh. Apakah ini dikaitkan dengan
kegiatan diklat yang padat atau sukarnya menyiapkan tugas-tugas yang diberikan.indikator-indikator dalam pelaksanaan diklat adalah materi, pemateri, tugas, peer teaching dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan untuk mengetahui anggapan positif dan menemukan penyebab terjadinya anggapan negatif terhadap pelaksanaan pendidikan dan latihan (diklat) program sertifikasi guru di SMA Negeri di Pasaman Barat. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah
guru-guru SMA yang telah lulus sertifikasi melalui diklat sebanyak 18 orang.lokasi penelitian adalah di SMA Negeri Kabupaten Pasaman Barat. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik total sampling karena populasi sekaligus dijadikan
sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba penelitian untuk menentukan Validitas dan Reliabilitas instrumen penelitian. Teknik analisas data
adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisis yang diperoleh bahwa persepsi guru tentang pelaksanaan diklat sertifikasi guru termasuk kedalam kategori baik. Kebanyakan
guru beranggapan bahwa dengan kegiatan diklat ini menambah wawasan dan pengetahuan guru dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Tapi ada juga guru-guru yang memiiki persepsi kurang baik karena tugas yang diberikan sangat banyak,
sementara waktu sedikit. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa munculnya persepsi positif terhadap kegiatan diklat karena guru-guru tidak menemukan kesulitan dalam pelaksanaannya. Sedangkan guru-guru yang
memiliki persepsi negatif karena dalam pelaksanaan diklat sertifikasi guru, guruguru mengalami kesulitan baik
dalam menyelesaikan tugas maupun dalam materi yang sangat
padat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 May 2025 06:29
Last Modified: 21 May 2025 06:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item
View Item