Rangkuty, Jeka Yolando (2019) Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Tamu Member (Le Club) di Hotel Ibis Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_JEKA_YOLANDO_RANGKUTY_15135128_3479_2019.pdf [thumbnail of B1_4_JEKA_YOLANDO_RANGKUTY_15135128_3479_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_JEKA_YOLANDO_RANGKUTY_15135128_3479_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukanya masalah terkait loyalitas tamu member (le club) dan Customer Relationship Management di Hotel Ibis Padang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Customer Relationship Management terhadap loyalitas tamu member (le club) di Hotel Ibis Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu member (le club) di Hotel Ibis Padang. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel nonprobability sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan penentuan responden pada penelitian ini tamu member (le club) yang pernah menginap di Hotel Ibis Padang dan berumur minimal 18 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis infernesial menggunakan analisis regres linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Tanggapan responden terhadap customer relationship management di Hotel Ibis Padang di peroleh rata-rata total skor sebesar 3,25 pada batas interval 2,51 - 3,25 dengan kategori baik. Dan dapat disimpulkan customer relationship management di Hotel Ibis Padang dikategorikan secara keseluruhan dikategori baik. Kemudian Tanggapan responden terhadap Loyalitas Tamu Member (Le Club) di Hotel Ibis Padang di peroleh rata-rata total skor sebesar 3,25 pada batas interval 2,51 - 3,25 dengan kategori baik. Dan dapat disimpulkan Loyalitas Tamu Member (Le Club) di Hotel Ibis Padang dikategorikan secara keseluruhan dikategori baik. Selanjutnya Nilai R Square sebesar 0,072 yang berarti pengaruh variabel (customer relationship management terhadap variable Y (loyalitas tamu member (le club)) adalah sebesar 7,2% sedangkan 92,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti Kepercayaan, Perlindungan dan Kepuasan Akumulatif. Nilai koefisien regresi sebesar 0,219 dengan nilai t hitung 2,413 pada sig. 0,018< 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan Customer Relationship Management akan meningkatkan loyalitas tamu member (le club) 0,219 satuan dan nilai t 2,413 dengan nilai signifikan 0,018 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Costumer Relationship Management mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Tamu Member (Le Club), maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:29 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11631 |