Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Asli 1-5 Melalui Permainan Kereta Angka pada Anak Tungrahita Sedang: Single Subjek Research Kelas IV/CI di SLB Negeri Lima Kaum Batusangkar

Andriyani, Reni (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Asli 1-5 Melalui Permainan Kereta Angka pada Anak Tungrahita Sedang: Single Subjek Research Kelas IV/CI di SLB Negeri Lima Kaum Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RENI_ANDRIYANI_03964_4368_2012.pdf] Text
B1_2_RENI_ANDRIYANI_03964_4368_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Negeri Lima kaum Batusangkar, seorang anak tunagrahita sedang yang belum mengenal bilangan. Dari hasil pengamatan anak tersebut sudah bisa membilang angka satu sampai angka lima, tetapi ditanya mana angka Satu sampai angka lima anak tidak bisa menjawabnya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan mengenal bilangan khususnya bilangan asli 1sampai 5 dengan menggunakan permainan kereta angka.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. pada kondisi baseline sebelum diberikan perlakuan data dikumpulkan dengan menggunakan alat pengumpul data
kemampuan mengenal bilangan asli 1-5 dengan menghitung jumlah bilangan yang disebutkan anak dengan benar. Kemudian pada kondisi intervensi setelah diberikan
perlakuan dengan menggunakan alat pengumpul data kemampuan mengenal bilangan yang dapat disebutkan anak dengan benar.
Analisis data menunjukkan panjang kondisi baseline adalah 10 kali pengamatan, selama 10 hari, sedangkan kondisi intervensi adalah 11 kali pengamatan,selama 11 hari. Pada kondisi baseline pada hari pertama sampai hari keenam anak
hanya mendapatkan persentase 0%, dan pada hari ketujuh sampai hari ke sepuluh anak mendapatkan persentase 20 % . sedangkan pada kondisi intervensi pada hari kesebelas sampai hari ketigabelas anak mendapatkan persentase 40%, hari keempat belas sampai hari keenambelas anak mendapatkan persentase 60%, hari ketujuhbelas dan hari kedelapanbelas anak mendaptkan persentase 80% dan pada hari
kesembilanbelas sampai hari keduapuluhstu jumlah persentase yang didapat anak 100%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima, artinya melalui permainan kereta angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan asli 1-5 pada anak tunagrahita sedang. Dari hasil penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi guru dan peneliti selanjutnya yaitu menggunakan permainan kereta
angka apabila ditemui masalah yang sama pada anak ABK lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 May 2025 06:28
Last Modified: 21 May 2025 06:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11628

Actions (login required)

View Item
View Item