Arfendo, Jefri (2016) Perilaku Guru dalam Beradaptasi di Sekolah Terpencil: Studi Kasus di SDN 16 Batang Gasan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_JEFRI_ARFENDO_1106677_1282_2016.pdf [thumbnail of B1_4_JEFRI_ARFENDO_1106677_1282_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_JEFRI_ARFENDO_1106677_1282_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Idealnya guru adalah tenaga profesional dan mampu melaksanakan proses pendidikan sesuai dengan kebiasaan dan aturan yang umum di dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini di SDN 16 Batang Gasan dengan keadaan sekolahnya kekurangan sarana dan prasarana, sekolah yang jauh dari ibukota kabupaten, jaringan listrik yang belum ada, air bersih yang susah didapatkan, siswanya yang sangat sedikit, perumahan sekolah yang rusak parah dan akses jalan menuju sekolah belum di aspal sehingga guru yang mengajar di SDN 16 Batang Gasan harus bisa dan dituntut beradaptasi di sekolah tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah menjelaskan perilaku guru dalam beradaptasi di sekolah terpencil.
Dalam menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang digagas Nico S. Kalangie yaitu teori menjelaskan bahwa adaptasi merupakan suatu proses yang dialami oleh setiap individu dalam menghadapi dan menyesuaikan diri dari suatu lingkungan, sehingga menghasilkan keserasian diri antara individu dengan lingkungan sosial. Hal ini juga dijelaskan oleh Ravik Karsidi, adaptasi merupakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Proses penyesuaian diri itu merupakan reaksi terhadap tuntutan-tuntutan untuk dirinya. Tuntutan-tuntutan tersebut dapat digolongkan menjadi tuntutan internal maupun eksternal.
Penelitian ini dimulai dari tanggal 28 Juli 2015 sampai tanggal 30 November 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Teknik pemilihan informan yaitu dengan cara purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 16 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan studi dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan terdapat empat adaptasi guru dalam menjalankan tugas di SDN 16 Batang Gasan diantaranya. (a) perilaku guru terhadap geografis, (b) perilaku guru terhadap pimpinan, guru dan tenaga kependidikan, (c) perilaku guru terhadap proses pembelajaran, (e) perilaku guru terhadap wali murid dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, Adaptasi, Guru, Terpencil |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:27 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11626 |