Perancangan Media Promosi Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMAKPA) dalam Media Cetak (printed ad)

Ananta, Aryoni (2011) Perancangan Media Promosi Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMAKPA) dalam Media Cetak (printed ad). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_ARYONI_ANANTA_76225_749_2011.pdf] Text
B1_ARYONI_ANANTA_76225_749_2011.pdf

Download (14MB)

Abstract

SMAKPA merupakan satu-satunya SMK yang bergerak di bidang analiskimia di Propinsi Sumatera Barat, karena lembaga pendidikan yang bergerak dibidang keahlian yang sama cuma ada tiga di Indonesia, yaitu SMAK Padang,Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO), dan Sekolah Menengah AnalisKimia Makassar (SMAKMA). Dimulai pada tahun ajaran 2009/2010, SMAKPA sudahmenuju Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Visi dan misi SMAKPAsekarang pun telah diperbaharui untuk menunjang programnya, yaitu MenjadiSekolah Analis Kimia bertaraf internasional pada tahun 2012 dan menghasilkanlulusan unggul dan mandiri.SMAKPA memiliki potensi yang bagus dengan program RSBI yangdijalankan untuk perkembangan dunia pendidikan tetapi kurang promosi melaluimedia printed ad, di mana media promosi printed ad yang sudah ada kurang efektifdan variatif, dan kurang beragamnya penggunaan media promosi tersebut karenahanya sebatas pada billboard, booklet, spanduk, dan leaflet.Tujuan yang ingin dicapai adalah terciptanya rancangan media promosisebagai sarana komunikasi dalam menginformasikan seluruh potensi dan aspekprofesionalitas SMAKPA kepada target audience yang akan menunjang tercapainyavisi dan misi sekolah. Sedangkan proses perancangan yang digunakan adalahModel prosedural bersifat deskriptif melalui proses pengumpulan data melaluiobservasi, wawancara, dokumentasi, identifikasi dan rumusan masalah yangselanjutnya dianalisis menggunakan teori analisis SWOT (strenght/kekuatan,weakness/kelemahan, opportunity/peluang, threat/ancaman) dalam melakukanpendekatan kreatif untuk mencapai wilayah target audience agar promosi yangdilakukan tepat sasaran. selanjutnya membuat konsep strategi dan program kreatifdalam menghasilkan pemecahan masalah perancangan.Proses perancangan telah menghasilkan media utama berupa bookletprofile, yaitu sebuah media printed ad yang terdiri dari beberapa halaman yang dijilidhingga menyerupai buku. Dapat memuat informasi lebih banyak di antaranya berupahistory SMAKPA, visi dan misi, sarana dan fasilitas, struktur organisasi, prestasi,lokasi, dan berupa informasi-informasi penting lainnya mengenai SMAKPA.Di samping itu juga dirancang media pendukung untuk penunjang dari media utamaseperti billboard, poster, business card, stationery set, x-banner, cd cover, danpocket folder.Dengan menggunakan media promosi yang lebih bervariatif di dalammengkomunikasikan berbagai informasi tentang SMAKPA dengan tujuan menjaringminat masyarakat dan berpromosi secara efektif diharapkan dapat memberikankontribusi positif dalam menjaring minat masyarakat/target audience untukmemanfaatkan lembaga pendidikan SMAKPA sebagai pilihan sarana tempat untukproses pendiddikan dalam menciptakan tenaga terampil, siap kerja, dan mampubersaing secara global khususnya di bidang analisis kimia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PROMOSI, MEDIA CETAK
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Disain Komunikasi Visual-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 May 2025 06:27
Last Modified: 21 May 2025 06:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item
View Item