Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Santri di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuk Pua Nagari Balah Aia Kecamatan VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Yasridawati, Febrina (2014) Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Santri di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuk Pua Nagari Balah Aia Kecamatan VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FEBRINA_YASRIDAWATI_11780_2357_2014.pdf] Text
B1_4_FEBRINA_YASRIDAWATI_11780_2357_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasilbelajar santri. Pada awalnya santri yang duduk ditingkat awal MDA memiliki hasil belajar yang cukup tinggi, hal itu terlihat dari hasil belajar yang diperoleh. Namun setelah memasuki tingkat lima dan enam MDA banyak santri yang hasil belajarnya rendah, terlihat dari nilai-nilai yang diperoleh santri dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah: mendeskripsikan disiplin belajar santri, mendeskripsikan hasil belajar santri, melihat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar santri di Pesantren.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah santri yang berada ditingkat lima dan enam MDA yang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sensus, sehingga semua populasi dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data adalah teknik angket. Teknik analisis data dalam penenelitian ini menggunakan persentase dan product moment.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: disiplin belajar santri yang dilihat dari disiplin dalam menentukan cara belajar, disiplin terhadap waktu, disiplin terhadap tugas dan disiplin mematuhi tata tertib belajar masih rendah. Hasil belajar santri yang dilihat dari jumlah kelulusan hasil belajar santri masih rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar santri. Dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar santri masih rendah, hasil belajar santri masih rendah, serta terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar santri. Saran dalam penelitian ini diharapkan segenap pengurus pesantren untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap disiplin belajar, bagi santri untuk lebih meningkatkan disiplin belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 May 2025 03:54
Last Modified: 21 May 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11609

Actions (login required)

View Item
View Item