Abnar, Jessica (2016) Mengurangi Perilaku Stimulasi Diri pada Anak Autisma Kelas VI melalui Bermain Alat Musik Piano di SLB Autisma YPPA Padang (Single Subject Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_JESSICA_ABNAR_1200332_4548_2016.pdf [thumbnail of B1_2_JESSICA_ABNAR_1200332_4548_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_JESSICA_ABNAR_1200332_4548_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada seorang anak autis
 sering menunjukan perilaku stimulasi diri dengan menggeleng-gelengkan
 kepalanya. di SLB Autisma YPPA Padang. Hal ini terlihat saat peneliti lakukan
 terhadap anak dengan diperoleh hasil bahwa anak sering menstimulasi diri dengan
 menggeleng-gelengkan kepalanya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan
 apakah dengan menggunakan alat musik piano dapat mengurangi perilaku
 stimulasi diri anak autis kelas VI di SLB Autisma YPPA Padang
 Jenis penelitian ini adalah penelitian Single Subject Reseacrh (SSR)
 dengan desain A-B-A, dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual
 grafik.Subjek penelitiannya adalah anak autis.  
Target behavior adalah
 mengurangi perilaku stimulasi diri menggeleng-geleng. Pengukuran variabelnya
 dengan menggunakan frekuensi dari jumlah perilaku yang dilakukan anak.
 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengurangan pada
 peerilaku stimulasi diri anak autis. Pengamatan dilakukan dengan tiga sesi tiap
 sesi dilakukan pencatatan frekuensi selama dua jam pembelajaran yaitu pukul
 08.00-10.00 WIB. Sesi pertama baseline (A1) yang dilakukan sebanyak lima kali
 yaitu 58, 59, 55, 56, dan 56kali. Kedua, sesi intervensi pengamatan dilakukan
 sebanyak tujuh kali yaitu 53, 51, 44, 36, 36, 36, 37 kali.Ketiga sesi baseline
 setelah intervensi (A2) pengamatan sebanyak lima kaliyaitu 44, 46, 45, 45, dan 45
 kali. Berdasarkan analisis data yang telah dipaparkan diatas dapat dibuktikan
 bahwa pengaruh intervensi dengan bermain alat musik piano efektif mengurangi
 perilaku geleng-geleng kepala pada anak autis x di SLB Autisme YPPA Padang.
 Terkait dengan hasil kesimpulan diatas oeneliti menyarankan sebaiknya guru
 dapat menggunakan piano sebagai sarana untuk mengurangi perilaku stimulasi
 menggeleng-geleng kepala pada anak autis
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 21 May 2025 03:54 | 
| Last Modified: | 21 May 2025 03:54 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11607 | 
 
         