Efektifitas Pendekatan Metode Pembelajaran Langsung Cara Memakai Sepatu Bertali pada Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Reaserch di Kelas III SLB Lubuk Kilangan kota Padang)

Silalahi, Jhon Roy (2022) Efektifitas Pendekatan Metode Pembelajaran Langsung Cara Memakai Sepatu Bertali pada Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Reaserch di Kelas III SLB Lubuk Kilangan kota Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_JHON_ROY_SILALAHI_Jhon Roy Silalahi.pdf] Text
B1_2_JHON_ROY_SILALAHI_Jhon Roy Silalahi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan dalam cara memakai
sepatu bertali, yang ditemukan pada seorang siswa kelas III di SLB Lubuk Kilangan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keterampilan memakai sepatu bertali.
Metode penelitian ini menggunakan pembelajaran langsung dalam bentuk eksperimen
dengan model (Single Subject Reaserch) yang terfokus pada data individu sebagai sampel
penelitian. Teknik pengambilan sampel adalah desain A-B-A dari perilaku anak. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, tes keterampilan memakai sepatu bertali pada
anak, dengan jumlah item 13 yang berkenaan dengan langkah-langkah tata cara
memakai sepatu bertali yang benar. Data yang terkumpul dianalisis dengan
menggunakan analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan kondisi baseline awal anak hanya melakukan 3 item
yang benar dari 13 item yang ada dengan mean 23%, intervensi dengan delapan kali
pertemuan, anak dapat melakukan 10 item yang benar dengan mean 81%, kondisi baseline
akhir dengan lima kali pertemuan, anak dapat melakukan 11 item yang benar dengan mean
85%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kesalahan dalam keterampilan
memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB Lubuk
Kilangan, masih ditemukan dalam beberapa aspek tata cara memakai sepatu bertali
yang baik dan benar. Disarankan kepada guru agar lebih meningkatkan
keterampilan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang dengan
menggunakan metode pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 May 2025 02:44
Last Modified: 21 May 2025 02:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item
View Item