Dame, Joice Phunia (2014) Meningkatkan Kemampuan Operasi Pecahan melalui Media Puzzle bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SDN 13 Pasar Remaja Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_JOICE_PHUNIA_DAME_17205_5579_2014.pdf [thumbnail of B1_2_JOICE_PHUNIA_DAME_17205_5579_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_JOICE_PHUNIA_DAME_17205_5579_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh siswa Kesulitan Belajar kelas IV di
SDN 13 Pasar Remaja Sawahlunto, dimana hasil pengamatan anak belum bisa
membandingkan dua pecahan karena di saat diminta untuk mengerjakan soal
membandingkan dua pecahan terlihat ketidakmampuan anak dalam mengerjakan
soal tersebut. Anak tersebut terlihatan kebinggungan hingga akhirnya anak
menjawab soal tersebut dengan asal selesai saja tanpa memperhitungkan sudah
benar atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah media
puzzle dapat meningkatkan kemampuan membandingkan dua pecahan bagi anak
berkesulitan belajar di SDN 13 Pasar Remaja Sawahlunto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single
Subject Design (SSD) dengan desain penelitian menggunakan desain A-B-A.
Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan persentase. Kondisi A1 yaitu kondisi
baseline anak sebelum diberikan intervensi. Kondisi B yaitu intervensi dengan
media puzzle. Kondisi A2 yaitu kondisi baseline disaat anak tidak lagi diberikan
intervensi. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam
membandingkan dua pecahan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
visual grafik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak dalam
membandingkan dua pecahan meningkat dengan menggunakan media puzzle.
Analisis dalam kondisi pada kondisi baseline sebelum diberikan intervensi (A1)
pengamatan dilakukan sebanyak tujuh kali tingkat perubahan 0%, pada kondisi
intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak sembilan kali tingkat
perubahannya 60%, pada baseline setelah tidak lagi diberikan intervensi (A2)
dilakukan empat kali pengamatan tingkat perubahannya 20%. Pada analisis antar
kondisi dengan jumlah yang dianalisis satu variabel dengan level perubahan pada
kondisi B/A1 30% dan B/A2 +40% artinya persentase anak dalam
membandingkan dua pecahan meningkat. Trend pada kondisi baseline A1 dengan
kondisi yaitu stabil dengan mean level 10 dan pada kondisi intervensi dan
baseline A2 terjadi peningkatan denan mean level 72,22 dan 75. Dari penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa, media puzzle dapat meningkatkan kemampuan
membandingkan dua pecahan bagi anak kesulitan belajar matematika, diharapkan
hasil penelitian ini dapat bermamfaat bagi guru dan peneliti selajutnya jika
ditemui masalah yang sama pada anak kesulitan belajar lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:19 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11588 |