Wandri, Joni (2013) Melatih Pembuatan Media Pembudidayaan Belut melalui Metode Demonstrasi pada Anak Tunarungu: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII SMPLB di SLB Citra Bangsa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_JONI_WANDRI_58488_724_2013.pdf [thumbnail of B1_2_JONI_WANDRI_58488_724_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_JONI_WANDRI_58488_724_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak tunarungu kelas VIII SMPLB dalam
pembelajaran ketrampilan pertenakan khususnya pembudidayaan belut sangat perlu
di berikan kepada anak tunarungu karena lokasi tempat tinggal anak dekat dengan
pasar piladang dimana belut merupakan komiditi yang laku di pasaran dan melatih
anak dalam bidang kewirausahaan bertujuan nantinya agar anak lebih mandiri dalam
menjalankan hidup. Selama ini anak baru mengetahui cara penangkapan alami yang
terdapat disawah/rawa mempergunakan lukah, anak belum bisa melakukan
keterampilan peternakan terutama pembuatan media untuk membudidayakan belut.
Penggunaan metode demonstrasi dalam pembuatan media pembudidayaan belut
memberikan dampak langsung dalam melibatkan siswa dan diiringi dengan
memberikan latihan-latihan terhadap apa yang dipelajari siswa untuk memperoleh
suatu ketrampilan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru
melatih pembuatan media pembudidayaan belut pada anak tunarungu.
Metodelogi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dilakukan dalam bentuk berkolaborasi. Tindakan ini dilakukan kepada
dua orang anak yang menjadi subjek penelitian yaitu anak tunarungu kelas VIII
SMPLB di SLB Citra Bangsa.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak tujuh
kali pertemuan dan siklus II duabelas kali pertemuan dalam proses pembelajaran yang
dimulai dari anak mengenal alat dan bahan yang digunakan, serta kegunaan dari
masing-masing alat dan bahan dalam pembuatan media pembudidayaan belut dan
bagaimana cara memilih dan menentukan bahan yang baik dalam pembuatan media
pembudidayaan belut. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa AG sebelum
di beri tindakan mendapatkan nilai 20% dalam pengenalan alat dan bahan sementara
dalam pembuatan media pembudidayaan belut memperoleh nilai 13% diakhir siklus I
memperoleh nilai 73% dan pada siklus II memperoleh nilai 75%. Siswa SC sebelum
di beri tindakan mendapatkan nilai 26% dalam pengenalan alat dan bahan sementara
dalam pembuatan media pembudidayaan belut memperoleh nilai 25%. diakhir siklus
I mendapatkan nilai 78% dan pada siklus II mendapat nilai bisa 88%
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode
demonstrasi dapat digunakan untuk melatih pembuatan media pembudidayaan belut
bagi anak tunarungu. Disarankan pada sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk
dapat menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran ketrampilan pertenakan
yang lainnya pada anak tunarungu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:07 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11584 |