Yani, Nesi Astri (2015) Penyebab Rendahnya IPK Mahasiswa Bidikmisi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_NESI_ASTRI_YANI_16237_2908_2015.pdf [thumbnail of B1_4_NESI_ASTRI_YANI_16237_2908_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_NESI_ASTRI_YANI_16237_2908_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Bidikmisi adalah suatu program yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, tetapi memiliki potensi akademik yang memadai dan memberikan bantuan biaya pendidikan serta bantuan biaya hidup selama menjadi mahasiswa. Seorang penerima beasiswa bidikmisi seharusnya memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik, pada prestasi akademik para mahasiswa dituntut untuk mempertahankan indeks prestasi komulatif (IPK) sesuai dengan standar dan kriteria yang telah ditentukan, namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa bidikmisi yang mengalami masalah dengan IPK dibawah 3,00. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan tentang rendahnya IPK mahasiswa bidikmisi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang Penelitian ini dianalisis dengan Teori Pembelajaran Sosial oleh Albert Bandura. Bandura memandang bahwa tingkah laku bukan semata-mata reflek otomatis atas stimulus, melainkan juga akibat yang timbul karena interaksi antara lingkungan skema kognitif manusia itu sendiri. Menurut Bandura, baik tingkah laku (B), lingkungan (E), dan kejadian-kejadian internal pada pembelajaran yang mempengaruhi persepsi dan aksi (P) adalah merupakan hubungan yang saling mempengaruhi. Jika dikaitkan dengan penelitian ini yaitu proses belajar yang dijalani oleh mahasiswa bidikmisi dipengaruhi oleh tingkah laku, lingkungan dan kondisi internal mahasiswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar atau IPK yang ia peroleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa bidikmisi yang mendapatkan IPK dibawah 3,00. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 24 informan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan model Miles dan Huberman yaitu model analisis interaktif dengan langkah mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyebab rendahnya IPK mahasiswa bidikmisi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang disebabkan oleh dua faktor yaitu: (1) faktor eksternal yang terdiri dari pencairan dana bidikmisi yang tidak efektif dan metode perkuliahan yang tidak menarik, (2) faktor internal yaitu jurusan yang tidak sesuai dengan harapan dan “lupa diri” dalam mengatur uang beasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rendahnya IPK, Bidikmisi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:54 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11529 |