Pengelolaan Pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar Exis Kota Padang

Kushariadi, Arif (2022) Pengelolaan Pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar Exis Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ARIF_KUSHARIADI_17005109_800_2022.pdf] Text
B1_4_ARIF_KUSHARIADI_17005109_800_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembaga bimbingan belajar merupakan suatu bagian yang termasuk dari jalur pendidikan luar sekolah dimana bertujuan untuk melayani masyarakat. Peran lembaga bimbingan belajar sangat penting, apalagi dikalangan murid sekolahan, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah akhir. Serta faktorfaktor apa yang dapat mempengaruhi pengelolaan pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar Exis Kota Padang. Sub variabel nya yaitu memfokuskan kepada perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis deskriptif kuantitatif. Adapun populasi yang di ambil dalam penelitian ini yaitu siswa siswi yang mengikuti bimbingan belajar di lembaga bimbingan belajar Exis Kota Padang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, sampel yang diambil yaitu beberapa siswa-siswi dari semua jenjang pendidikan yang ada di lembaga bimbingan Belajar Exis Kota Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Lalu alat pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui kuisioner dan google form. Dalam teknik analisis data nantinya akan menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian yang didapat yaitu pertama, dalam perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh lembaga terbukti berjalan dengan baik dan benar itu bisa dilihat dari jawaban alternatif yang diberikan lalu sebagian besar responden menjawab sangat memuaskan. Kedua, dalam pengorganisasian pembelajaran yang dibuat oleh lembaga terbukti berjalan dengan sesuai harapan itu bisa dilihat dari jawaban alternatif yang diberikan lalu sebagian besar responden menjawab sangat memuaskan. Ketiga, dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh lembaga terbukti berjalan dengan baik dan tidak ada kendala itu bisa dilihat dari jawaban alternatif yang diberikan lalu sebagian besar responden menjawab sangat memuaskan. Keempat, dalam evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh lembaga terbukti berjalan dengan sangat baik dan juga sesuai itu dapat dilihat dari jawaban alternatif yang diberikan lalu sebagian besar responden menjawab sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Lembaga Bimbingan Belajar, Pendidikan Luar Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 20 May 2025 07:54
Last Modified: 20 May 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item
View Item