Gusni, Nelvia (2013) Meningkatkan Kemampuan Matematika anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Bongkar Pasang Komedi Putar di TK Trimarga Canduang Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_NELVIA_GUSNI_79163_534_2013.pdf [thumbnail of B1_4_NELVIA_GUSNI_79163_534_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_NELVIA_GUSNI_79163_534_2013.pdf
Download (520kB)
Abstract
Penelitian ini diawali dari kenyataan yang penulis temui di Taman Kanak- kanak Trimarga Canduang Kecamatan Canduang Kabupaten Agam, dimana kemampuan matematika masih rendah maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan alat permainan bongkar pasang komedi putar dapat meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan: (1) kemampuan belajar anak dalam mengenal bilangan, (2) kemampuan belajar anak dalam mengenal/memahami konsep matematika sederhana, (3) kemampuan belajar anak dalam mengenal bentuk geometri, (4) kemampuan belajar anak dalam mengenal ukuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di TK Trimarga Canduang Kecamatan Canduang Kabupaten Agam dengan subjek penelitian anak kelompok B 2 yang berjumlah 16 orang. Teknik penelitian adalah teknik obsevasi,dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembara obsevasi dan lembar porto folio. Temuan penelitian ini menggambarkan peningkatan kemampuan anak dalam (1) mengenal bilangan ada peningkatan, (2) konsep matematika sederhana ada peningkatan, (3) mengenal bentuk geometri ada peningkatan dan (4) mengenal ukuran ada peningkatan. Saran penelitian ini adalah: (1) dalam mengenalkan bilangan hendaklah menggunakan alat permainan yang menarik minat anak (2) dalam peningkatan hasil yang kemampuan terendah , sebaiknya kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi dan dilakukan berulang-ulang, membuat anak semakin memahaminya. (3) agar dalam mengenalkan bentuk diperlihatkan dengan benda yang nyata (4) diharapkan dalam mengenalkan ukuran pada anak hendaknya dicobakan langsung bersama anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Matematika, Anak Usia Dini, Permainan Bongkar Pasang Komedi Putar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:54 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11526 |