Yuliani, Nelpa Fitri (2013) Hubungan Antara Lingkungan Sosial Pesantren dengan Motivasi belajar Santri di Pesantren Madinatul Ilmi Islamiyah Buluh Kasok Sungai Sariak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_NELPA_FITRI_YULIANI_11768_3551_2013.pdf [thumbnail of B1_4_NELPA_FITRI_YULIANI_11768_3551_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_NELPA_FITRI_YULIANI_11768_3551_2013.pdf
Download (233kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar santri. Pada awalnya santri yang memasuki pesantren ini memiliki motivasi belajar yang cukup tinggi karena umumnya mereka yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke pesantren. Namun, setelah memasuki tahun ketiga di pesantren motivasi itu mulai menurun. Hal ini terlihat dari rendahnya kemauan mereka untuk mengikuti pembelajaran, kurangnya perhatian terhadap pembelajaran yang dilaksanakan dan kehadiran mereka dalam mengikuti pengajian halaqah di mesjid. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan lingkungan sosial pesantren, (2) mendeskripsikan motivasi belajar santri di pesantren, (3) melihat hubungan antara lingkungan sosial pesantren dengan motivasi belajar santri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah santri yang telah memasuki tahun ketiga di pesantren yang berjumlah 28 orang. Sesuai dengan pendapat Arikunto jika populasi kurang dari seratus, sebaiknya diambil semua, sehingga penelitian ini menjadi penelitian populasi. Teknik pengumpulan data adalah teknik angket. Teknik analisis data dalam penenelitian ini menggunakan persentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) lingkungan sosial pesantren yang dilihat dari tenaga pendidik, teman sebaya sesama santri serta masyarakat sekitar pesantren masih kurang baik. (2) motivasi belajar santri yang terdiri dari motivasi ektrinsik dan instrinsik masih rendah. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial pesantren dengan motivasi belajar santri. Diharapkan Pimpinan Pesantren dan tenaga pendidik untuk lebih meningkatkan kedekatan dan hubungan yang baik dengan semua santri, menyampaikan materi dengan menarik, menggunakan berbagai metode pembelajaran, serta memberikan penilaian terhadap kemajuan yang dialami oleh santri. Karena terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial dengan motivasi belajar, maka hendaknya semua pihak yang terkait dapat menciptakan suasana lingkungan yang kondusif serta menyenangkan. Sehingga dapat juga meningkatkan motivasi belajar santri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sosial, Pesantren, Motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:54 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11525 |