Gambaran Penerapan Metode Pembelajaran untuk Kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Sekelurahan Koto Luar Kota Padang

Yanti, Febri (2015) Gambaran Penerapan Metode Pembelajaran untuk Kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Sekelurahan Koto Luar Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FEBRI_YANTI_54158_214_2015.pdf] Text
B1_4_FEBRI_YANTI_54158_214_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak yang belajar di PAUD di Kelurahan Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang sejak awal terlihat tingkah laku anak sudah mandiri. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode pembelajaran kemandirian kognitif, sosial dan emosional anak usia dini di Sekelurahan Koto Lua Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Yang menjadi populasi adalah Guru PAUD di PAUD Sekelurahan Koto Lua Kota Padang yang berjumlah 20 orang dan semuanya merupakan responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang telah diujicoba menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk melihat kesahihan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari separoh guru di PAUD Sekelurahan Koto Lua Kota Padang sudah menerapkan metode pembelajaran kemandirian anak aspek sosial 65% responden, aspek kognitif 56% responden, dan aspek emosional 65% responden. Untuk itu disarankan kepada pendidik, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran kemandirian anak. Dan bagi orang tua, agar memperhatikan perkembangan kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 20 May 2025 07:53
Last Modified: 20 May 2025 07:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item
View Item