Ismyati, Ismyati (2014) Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Benda Konkrit di PAUD Kasih Bunda Koto Agung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ISMIYATI_58965_3756_2014.pdf [thumbnail of B1_4_ISMIYATI_58965_3756_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ISMIYATI_58965_3756_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam
mengenal konsep bilangan di Paud Kasih Bunda Koto Agung Kanan Kecamatan
Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Hal ini disebabkan media yang digunakan
kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan
kemampuan anak mengenal konsep bilangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian murid di Paud Kasih Bunda yang berjumlah 15 orang pada tahun ajaran
2013/2014. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dengan alat
pengumpul data berupa pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan
rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak untuk mengenal
konsep bilangan mencapai hasil yang sangat baik. Disarankan kepada (1) Bagi
pendidik agar menggunakan benda konkrit untuk pembelajaran mengenal konsep
bilangan, (2) Bagi pengelola PAUD agar dapat melengkapi sarana dan peralatan
benda konkrit dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan, (3) Bagi orangtua
agar memberikan stimulasi kepada anak setelah mendapatkan pendidikan dari
pendidik di lembaga PAUD salah satunya menggunakan benda konkret
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:53 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11518 |