Pengembangan E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial di SMA N 3 Payakumbuh

Santika, Arena (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial di SMA N 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ARENA_SANTIKA_17058056_2759_2021.pdf] Text
B1_4_ARENA_SANTIKA_17058056_2759_2021.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis anyflip yang layak digunakan untuk pembelajaran sosiologi guna meningkatkan penguasaan materi pada mata pelajaran sosiologi peserta didik kelas X IPS 4 SMAN 3 Payakumbuh dan mengetahui peningkatakan penguasaan materi sosiologi peserta didik SMA setelah mengikuti pembelajaran dengan e-modul berbasis anyflip. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan model 4D. Tahap define merupakan tahap awal dari model 4D untuk menganalisis permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk merancang sumber belajar emodul berbasis anyflip dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkan sumber belajar e-modul berbasis anyflip sebagai sumber pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan materi peserta didik. Kelayakan e-modul berbasis anyflip dilihat dari skor validasi yang didapatkan yang diolah menggunakan Microsoft excel. Uji coba lapangan produk e-modul berbasis anyflip ini dilakukan pada kelas X IPS 4 SMAN 3 Payakumbuh dengan jumlah 34 peserta didik. Peningkatan kemampuan penguasaan materi peserta didik ini dilihat dari hasil skor pretest-posttest yang diperoleh peserta didik. Tahap disseminate merupakan tahap penyebarluasan sumber belajar e-modul berbasis anyflip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sumber belajar e-modul berbasis anyflip ini layak digunakan untuk pembelajaran sosiologi guna meningkatkan kemampuan penguasaan materi peserta didik pada materi nilai dan norma sosial; (2) peningkatan kemampuan penguasaan materi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis anyflip dapat dilihat pada nilai akhir posttest yaitu 87,0588. E-modul berbasis anyflip yang dikembangkan lebih baik dapat diakses secara offline sehingga dapat memudahkan peserta didik yang tidak memiliki cukup data.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Anyflip, Kemampuan penguasaan materi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 20 May 2025 04:59
Last Modified: 20 May 2025 05:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11502

Actions (login required)

View Item
View Item