Setiawan, Irfan (2012) Hubungan antara Konformitas Kelompok Teman Sebaya dengan Disiplin Siswa di SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_IRFAN_SETIAWAN_73825_2866_2012.pdf [thumbnail of B1_4_IRFAN_SETIAWAN_73825_2866_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_IRFAN_SETIAWAN_73825_2866_2012.pdf
Download (100kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang peneliti temukan di SMA
Negeri 5 Padang yaitu masih terdapat siswa yang melanggar disiplin sekolah. Dalam
hal ini kelompok teman sebaya diduga mengakibatkan rendahnya sikap disiplin
siswa. Untuk itu perlu dilakukan penelitian guna mengkaji hubungan konformitas
kelompok teman sebaya dengan disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan hubungan konformitas kelompok teman sebaya degan disiplin siswa
di SMA Negeri 5 Padang.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian ex post facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran
2011/2012. Sampel penelitian ini diambil secara stratified random sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 91 orang. Teknik yang digunakan dalam metode
pengumpulan data adalah metode kuesioner atau angket dengan skala Linkert. Teknik
analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas dengan rumus Liliefors, uji
hipotesis dengan rumus korelasi product moment, kategorisasi berjenjang(ordinal)
dan koefisien determinan.
Hasil uji hipotesis dengan rumus korelasi product-moment diperoleh nilai
rhitung 0.570 sedangkan nilai rtabel 0.207, hal ini berarti terdapat hubungan antara
konformitas kelompok teman sebaya dengan disiplin siswa. Sumbangan konformitas
kelompok teman sebaya terhadap disiplin siswa adalah 32,49%.
Dari hasil analisis konformitas kelompok teman sebaya dengan sistem
kategorisasi semua indikator dari konformitas berada pada kategori sedang artinya
konformitas kelompok teman sebaya tidak mengikat individu dalam berprilaku,
individu memiliki kebebasan dalam menentukan sikap sesuai dengan norma dan
moral yang dianggap benar. Hasil analisis variabel disiplin dengan menggunakan
sistem kategorisasi seluruh indikator dalam disiplin siswa berada pada kategori
sedang artinya disiplin siswa tidak hanya dipengaruhi oleh kelompok teman
sebayanya akan tetapi faktor psikologis, faktor lingkungan dan faktor perseorangan
ikut mempengaruhi siswa dalam menyikapi disiplin.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara konformitas kelompok
teman sebaya dengan disiplin siswa dengan kategori sedang, artinya siswa memiliki
konformitas yang tidak berlebihan terhadap kelompok teman sebayanya, kelompok
siswa SMA Negeri 5 Padang tergolong kedalam kelompok referensi normatif uang
mana individu dalam kelompok memiliki kebebasan menentukan sikap sesuai dengan
norma, moral dan etika yang dianggap benar. Jadi apabila konformitas kelompok
teman sebaya berkategori sedang maka disiplin juga berkategori sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:28 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11498 |