Kebijakan Pemerintah di Bidang Pendidikan (Sekolah Inpres) Pada Masa Orde Baru: Studi Kasus di Kecamatan Lubuk Basung 1979-1994

Putra, Razet Eka (2021) Kebijakan Pemerintah di Bidang Pendidikan (Sekolah Inpres) Pada Masa Orde Baru: Studi Kasus di Kecamatan Lubuk Basung 1979-1994. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RAZET_EKA_PUTRA_16046089_2393_2021.pdf] Text
B1_2_RAZET_EKA_PUTRA_16046089_2393_2021.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Bagaimana Kebijakan Pemerintah di Bidang Pendidikan Khususnya Sekolah Inpres Pada Masa Orde Baru di Kecamatan Lubuk Basung tahun 1979-1994. Permasalahan yang penulis angkat
adalah tentang bagaimana latar belakang munculnya Sekolah Inpres di Kecamatan Lubuk Basung dan bagaimana dampak pembangunan Sekolah Inpres terhadap masyarakat di Kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini mengunakan metode penelitian sejarah, yaitu melalui 4 tahap yang meliputi, pertama yaitu heuristic, kritik sumber, interpretasi dan histiografi.
Heuristik adalah teknik pengumpulan data baik itu tertulis dan lisan. Sumber tertulis didapatkan dari studi pustaka yang penulis lakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam, Sekolah Dasar Negeri
16 Kampung Parit, Sekolah Dasar Negeri 11 Pudung, Sekolah Dasar Negeri 56 Sikabu, Sekolah Dasar Negeri 49 Batu Hampar, Perpustakaan Pusat UNP,Perpustakaan FIS UNP, dan perpustakaan Labor Sejarah UNP. Sumber lisan,
penulis dapatkan melalui wawancara dengan alumni SD Inpres, Penjaga Sekolah, serta Kepala Sekolah. Kritik sumber, yang terdiri dari kritik eksternal dan kritik internal yang digunakan untuk menguji keaslian dan kebenaran sumber.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 May 2025 04:28
Last Modified: 20 May 2025 04:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item
View Item