Fajraini, Raudhatul (2012) Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Listener Team pada Pembelajaran Matematika di Kelas XI Kelompok Akutansi dan Penjualan SMK Negeri 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RAUDHATUL_FAJRAINI_86187_512_2012.pdf [thumbnail of B1_2_RAUDHATUL_FAJRAINI_86187_512_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RAUDHATUL_FAJRAINI_86187_512_2012.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran matematika di kelas XI Kelompok Akutansi dan Penjualan SMK Negeri 1 Padang Panjang belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan.Motivasi siswa dalam belajar dinilai masih kurang karena pembelajaran hanya terpusat pada guru (teacher centred) sehingga membuat siswa merasa bosan. Hal
ini menjadi faktor yang menyebabkan hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan. Pembelajaran akan lebih efektif, apabila siswa diberi kesempatan untuk berperan aktif. Salah satu pembelajaran yang banyak menuntut keaktifan
siswa adalah penerapan strategi belajar aktif tipe Listener Team. Siswa dibagi atas empat kelompok dengan tanggung jawab yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan
strategi belajar aktif tipe Listener Team. 2) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi belajar aktif tipe Listener Team lebih baik dari hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Kelompok Akutansi dan Penjualan SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian adalah gabungan dari penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design dan penelitian deskriptif.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Kelompok Akutansi dan Penjualan yang terdiri dari kelas XI KU1, XI KU2, XI TN1 dan XI TN2 SMK Negeri 1 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan
sampel dilakukan dengan random sampling, sehingga terpilih kelas XI KU2 sebagai kelas eksperimen dan XI KU1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes akhir dan pengumpulan data melalui angket untuk motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data motivasi dan hasil belajar, diperoleh bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,18 sedangkan pada kelas kontrol adalah 68,56. Dari hasil
uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi belajar aktif tipe Listener Team lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:28 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11493 |