Juwita, Ratna (2021) Persepsi Mahasiswa Terhadap Strategi Pengorganisaian Materi Kuliah dalam Sistem Daring melalui E-Learning: Studi Kasus Jurusan Sejarah FIS UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RATNA_JUWITA_17046080_2604_2021.pdf [thumbnail of B1_2_RATNA_JUWITA_17046080_2604_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RATNA_JUWITA_17046080_2604_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakang oleh adanya mahasiswa yang mengalami permasalahan terhadap penguasaan materi kuliah yang diberikan dosen melalui ELearning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap strategi pengorganisasian materi kuliah dalam sistem daring melalui E-Learning oleh dosen di jurusan sejarah FIS UNP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 32 item pertanyaan yang
meliputi variabel definisi, pertimbangan, sistematika, alokasi, pemilihan, serta penerapan dalam pengorganisasian materi kuliah. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 478 mahasiswa. Teknik penarikan sampel menggunakan simple
random sampling dengan jumlah responden 82 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data yang didapat, ditemukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap sub varibel definisi, pertimbangan, sistematika, pemilihan, penerapan dalam pengorganisasian materi kuliah dikategorikan positif dengan jumlah persentase positif 63,18% dan negatif 36,82%, dapat dikatakan mahasiswa
jurusan sejarah sudah merasa puas dengan strategi pengorganisasian materi kuliah dalam sistem daring melalui E-Learning di jurusan sejarah FIS UNP.
Berdasarkan indikator dari strategi pengorganisasian materi kuliah masih ada mahasiswa menyatakan negatif, maka diperlukan wawancara kepada beberapa mahasiswa untuk temuan yang menyatakan mahasiswa yang belum puas dengan
pengorganisasian materi kuliah di E-Learning.
Berdasarkan uraian diatas secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap strategi pengorganisasian materi kuliah dalam sistem
daring melalui E-Learning di jurusan Sejarah FIS UNP di persepsikan oleh mahasiswa sudah positif, tetapi perlu adanya peningkatan lagi dalam mengorganisasikannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:03 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11474 |