Peningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Melalui Permainan Siapa Aku di PAUD Aisyiyah VI Lubuk Bulang Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Fauzia, Fauzia (2014) Peningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Melalui Permainan Siapa Aku di PAUD Aisyiyah VI Lubuk Bulang Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FAUZIA_58942_3930_2014.pdf] Text
B1_4_FAUZIA_58942_3930_2014.pdf

Download (802kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang berkembangnya
kecerdasan intrapersonal anak di PAUD Aisyiyah VI Lubuk Bulang Kecamatan
Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, yang disebabkan oleh metode
pembelajaran yang digunakan oleh pendidik kurang tepatn. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak dalam kesadaran diri
dan kesadaran akan kekuatan dan kelemahan diri melalui permainan siapa aku di
PAUD Aisyiyah VI Lubuk Bulang Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten
Dharmasraya.
Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian 15 orang anak di PAUD VI Lubuk Bulang Kecamatan Pulau Punjung
Kabupaten Dharmasraya. Pada semester I tahun ajaran 2013/2014 penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik dan
alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran observasi yang dianalisis
dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian terjadi peningkatan kecerdasan intrapersonal anak dalam
aspek kesadaran diri dan kesadaran akan kekuatan dan kelemahan diri anak di
PAUD Aisyiyah VI. Disarankan bagi (1) Pendidik PAUD yang ingin
meningkatkan pengembangan kecerdasan intrapersonal anak dalam aspek
kesadaran diri dan kesadaran akan kekuatan dan kelemahan diri dengan berbagai
metode, seperti metode permainan siapa aku agar anak mampu berkembang secara
optimal dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonalnya. (2) Lembaga PAUD
diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak dalam aspek
kesadaran diri dan kesadaran akan kekuatan dan kelemahan diri berbagai metode
seperti metode permainan siapa aku, agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran
lancar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. (3) Peneliti yang ingin melanjutkan
penelitian ini diharapkan dapat meneliti lebih lanjut terhadap peningkatan
kecerdasan intrapersonal anak dalam aspek kesadaran diri dan kesadaran akan
kekuatan dan kelemahan diri anak lebih baik lagi dan dapat menciptakan berbagai
metode yang lebih bervariasi dan menarik dilakukan anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 20 May 2025 02:46
Last Modified: 20 May 2025 02:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item
View Item