Sattria, Rani (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Braille Melalui Media Kartu Huruf pada Anak Tunanetra di SDLB N 35 Painan: Singel Subject Research. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RANI_SATTRIA_03924_4204_2012.pdf [thumbnail of B1_2_RANI_SATTRIA_03924_4204_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RANI_SATTRIA_03924_4204_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SDLB N 35 Painan, seorang anak tunanetra kelas DI/A semester I yang mengalami masalah sangat rendahnya kemampuan anak tunanetra dalam mengenal huruf-huruf braille. Berbagai upaya yang telah dilakukan guru kelas untuk meningkatkan kemampuan anak, namun hasilnya masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mencoba untuk
membuktikan apakah media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan anak tunanetra dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf-huruf braille kelas I di SDLB N 35 Painan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (penelitian subjek tunggal), dengan desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunanetra. Penilaian dalam penelitian ini yaitu
dengan mengukur kemampuan anak dalam mengenal huruf braille dan anak dapat menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, menuliskan huruf dengan tepat dalam waktu yang telah ditentukan yaitu selama 40 menit. Bedasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf braille dapat meningkat melalui media kartu huruf. Pada kondisi baseline yang dilakukan dalam tujuh kali pengamatan kemampuan anak hanya bisa mengenal huruf braille sebanyak 13%-30%,pada kondisi intervensi kemampuan anak semakin meningkat yaitu anak bisa mengenal huruf
braille sebanyak 36%-93% dengan tepat. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima dengan kecenderungan arah (+), kecenderungan stabilitas variable dan overlape data 0%, artinya melalui media kartu huruf kemampuan anak dapat meningkatkan di SDLB N 35 Painan. Berkaitan dengan hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf braille pada anak tunanetra X meningkat, maka peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan media kartu
huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf braille anak tunanetra kedepanya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 20 May 2025 01:09 |
Last Modified: | 20 May 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11453 |