Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Mata Diklat Menganalisis Rangkaian Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMKN 1 Bonjol

Wenizar, Yandry (2012) Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Mata Diklat Menganalisis Rangkaian Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMKN 1 Bonjol. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_YANDRY_WENIZAN_76547_615_2013.pdf] Text
B1_04_YANDRY_WENIZAN_76547_615_2013.pdf

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa berdasarkan observasi, proses pembelajaran masih menggunakan media sederhana seperti papan tulis dan buku teks, sehingga mengakibatkan siswa terbiasa untuk datang, duduk, dengar dan catat kemudian hafal materi tanpa berusaha menggali informasi dan memikirkan tentang materi pelajaran lebih dalam. Selain itu juga kurangnya pengetahuan guru tentang media pembelajaran menyebabkan guru kesulitan dalam menjelaskan pelajaran dengan baik sehingga informasi yang diterima oleh siswa kurang jelas. Hal ini diduga menjadi salah satu akibat siswa kurang memahami pelajaran yang diberikan sehingga hasil belajar siswa masih dibawah nilai ketuntasan minimum (KKM). Salah satu upaya yang dilakukan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata diklat Meganalisis Rangkaian Listrik adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran berbasis multimedia. Jenis penelitian adalah Pre-Experimental dengan rancangan satu kelompok pre-test post-test (The One Group Pre-test Post-test). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) SMKN 1 Bonjol yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen penelitian berupa soal-soal tes. Tes hasil belajar dilakukan sebelum siswa mengikuti pembelajaran berbasis komputer (Pre-Test) dan setelah siswa mengikuti pembelajaran berbasis multimedia (Post-Test). Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan pembelajaran berbasis multimedia dengan kategori sedang. Rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test adalah 54,69 dengan kategori belum tuntas. Sedangkan rata rata hasil belajar siswa pada post-test adalah 75,1 dengan kategori telah tuntas. Persentase ketuntasan belajar siswa pre-test adalah 9,52% dan persentase ketuntasan belajar siswa setelah post-test adalah 85,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penilaian ini terbatas pada mata diklat Menganalisis Rangkaian Listrik dengan hanya mengacu pada satu kompetensi dasar dengan lima kelompok materi saja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA, ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 19 May 2025 09:31
Last Modified: 19 May 2025 09:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11449

Actions (login required)

View Item
View Item