Gusmarini, Mela (2014) Perbandingan Kurikulum 2013 dengan KTSP Berdasarkan Standar Isi Pada Bidang Studi Sosiologi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_MELA _GUSMARINI_ 13365_4844_2014.pdf [thumbnail of B1_04_MELA _GUSMARINI_ 13365_4844_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_MELA _GUSMARINI_ 13365_4844_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Pendidikan adalah suatu usaha untuk melakukan proses pembelajaran bagi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan yang diterapkan di suatu Negara. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan Nasional adalah aspek kurikulum. Kurikulum terakhir yang ada dan masih kita laksanakan sampai saat ini adalah Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Selama enam tahun KTSP dilaksanakan, namun pada saat ini terjadi kembali perubahan kurikulum demi perbaikan sistem pendidikan bangsa. Perubahan kurikulum yang dilakukan diberi nama kurikulum 2013. Pembaharuan KTSP menjadi kurikulum 2013 dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan terdapat empat bagian standar yang berubah yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Dari perubahan tersebut peneliti tertarik untuk melihat perbandingan kurikulum 2013 dengan KTSP berdasarkan standar isi pada bidang studi sosiologi. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa dokumen-dokumen kurikulum KTSP dan kurikulum 2013 yang berkaitan dengan permasalahan penelitian yang akan dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka/literature, dengan mencari dan mengumpulkan semua dokumen yang berkaitan dengan kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Content analysis ini digunakan sebagai sebuah teknik analisis data untuk menganalisi isi sebuah dokumen, buku-buku ataupun literature sebagai sumber data penelitian. Berdasarkan temuan penelitian tentang perbandingan kurikulum 2013 dengan KTSP dapat disimpulkan bahwa dilihat dari perbandingan kurikulum 2013 dengan KTSP berdasarkan standar isi pada bidang studi sosiologi terdapat perbedaan dalan segi struktur mata pelajaran yang mana pada kurikulum 2013 struktur mata pelajaran disusun berdasarkan kelmopok mata pelajaran yang menggunakan system peminatan sedangkan pada KTSP mata pelajaran disusun berdasarkan jurusan yang mana pada KTSP massih menggunakan system penjurusan dan mata pelajaran wajib ditempuh ketika siswa telah memilih jurusan. Adanya penghapusan mata pelajaran TIK pada kirikulum 2013 dan digantikan denganmata pelajaran prakarya. Dari segi standar kompetensi, jumlah standar kompetensi pada KTSP lebih banyak dibandingkan kurikulum 2013 dan rincian materi pada bidang studi sosiologi adanya penambahan materi dikurikulum 2013 yaitu penelitian sosial. Beban belajar pada bidang studi sosiologi kurikulum 2013 terjadi penambahan 1 jam pelajaran per minggu untuk kelas X manjadi 3 jam pelajaran yang semula hanya 2 jam pelajaran per minggu di KTSP dan untuk kelas XI dan XII menjadi 4 jam pelajaran per minggu pada kurikulum 2013 yang semula 3 jam pelajaran per minggu pada KTSP.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbandingan Kurikulum |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 19 May 2025 08:18 |
Last Modified: | 19 May 2025 08:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11441 |