Anugrah, Rahyu (2012) Perancangan dan Pembuatan Alat Pengontrol Palang Pintu Kereta Api Otomatis Berbasis PLC Memanfaatkan Mikrokontroler ATMEGA16. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_RAHYU ANUGRAH_06227_2012_2838.pdf.pdf [thumbnail of B1_6_RAHYU ANUGRAH_06227_2012_2838.pdf.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_RAHYU ANUGRAH_06227_2012_2838.pdf.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rancangan dan pembuatan alat ini dapat mempermudah pekerjaanmanusia dalam hal pengontrolan suatu alat. Pengontrolan palang pintu kereta apibiasanya hanya dikontrol oleh tenaga manusia, dan pada proyek akhir inidirancang secara otomatis, sehinngga kecelakaan kereta api yang diakibatkan olehkelalaian petugas palang pintu diharapkan tidak terjadi lagi.Rancangan alat pengontrol palang pintu kereta api otomatis berbasisPLC memanfaatkan Mikrokontroler ATMEGA16 ini adalah sebuah rancanganalat yang dapat bekerja secara otomatis melalui pendeteksian sensor Infra Redyang terdiri dari dua penerima yang terletak pada jalur kereta api dan empatpemancar yang ditanamkan pada badan kereta api, sehingga memungkinkankereta api dengan jalur bolak- balik. Ketika sensor satu penerima mendeteksikereta api maka PLCmikro yang merupakan mikrokontroler ATMEGA16 yangsudah ditanamkan program diagram tangga didalamnya akan bekerja, secaraotomatis Palang pintu akan bergerak menutup diikuti dengan LED berkedapkedip dan buzzer akan mengeluarkan bunyi sebagai indikator penanda bahwakereta api sedang melintas. Selanjutkan ketika sensor dua mendeteksi kereta apiyang telah dideteksi oleh sensor satu, maka palang pintu akan bergerak membukadiikuti dengan berhentinya seluruh sistem bekerja. LED akan berhenti berkedipkedip, dan buzzer akan berhenti mengeluarkan bunyi. Software yang digunakandalam perancangan alat pengontrol palang pintu kereta api secara otomatis inimenggunakan PLC yaitu Leader Diagram (Diagram Tangga).Sistem ini dikendalikan oleh pendeteksian sensor Infra Red. Danmenghasilkan output gerakan menutup dan membuka motor, dua LED berkedapkedip secara bergantian, dan buzzer yang mengeluarkan suara. Sehigga denganada nya indikator peringatan berupa suara dari buzzer dan lampu yang berkedapkedip, dapat menjadi peringatan bagi semua orang, dan mengurangi angkakecelakaan pada perlitasan kereta api.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SENSOR INFRA RED, MIKROKONTROLER |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektronika-D3 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 09:43 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 09:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1142 |