Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Articulate Storyline Pada Anak Usia Dini

Kurniawan, Dezi (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Articulate Storyline Pada Anak Usia Dini. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_DEZI_KURNIAWAN_15004023_3426_2019.pdf] Text
B1_03_DEZI_KURNIAWAN_15004023_3426_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai solusi untuk guru yang masih mengeluhkan pembelajaran yang kurang menarik, efektif, efesien dan praktis untuk siswa di dalam kelas. Sehingga kurangnya daya tarik siswa dalam memperhatikan guru dalam belajar khususnya dalam materi mengenal huruf dan warna. Menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa perlunya mengintegrasikan media pembelajaran dengan nilai-nilai karakter yang seharusnya sudah di tanamkan sejak anak usia dini karena anak berada pada usia emas (golden age). Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan instruksional ADDIE (Analysis, Design Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di TK Pembangunan Laboratorium UNP dengan subjek penelitian satu ahli materi yakni kepala sekolah, dua ahli media yaitu dosen jurusan KTP FIP UNP, tiga orang penguji praktikalitas yaitu guru di TK Pembangunan Laboratorium UNP, serta 16 siswa kelas B1. Intsrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembar penilaian. Hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa produk layak digunakan, untuk aspek materi diperoleh rata-rata validator sebesar 4,70 dikategori “sangat baik”. Untuk aspek media berada pada kategori “sangat valid” dengan rata-rata sebesar 4.77, serta uji coba produk untuk aspek praktikalitas produk dikategorikan praktis dengan jumlah rata-rata 4,77. Maka dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran, Articulate storyline, Anak uia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 19 May 2025 08:15
Last Modified: 19 May 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11413

Actions (login required)

View Item
View Item