Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif (Mand) bagi Anak Autisme Menggunakan Pendekatan ABA VB di SLB Khansa

Mandala, Kania (2019) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif (Mand) bagi Anak Autisme Menggunakan Pendekatan ABA VB di SLB Khansa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_KANIA_MANDALA_15003042_5253_2019.pdf] Text
B1_2_KANIA_MANDALA_15003042_5253_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbahasa ekspresif
(mand) pada anak autisme yang masih berada pada taraf yang rendah, sehingga
mengakibatkan anak tidak bisa menggunakan bahasa sebagai alat untuk
berkomunikasi dengan orang lain. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pendekatan ABA VB
terhadap peningkatan kemampuan berbahasa ekspresif (mand) pada anak autisme.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan SSR (Single Subject
Research) desain ABA yang dilaksanakan selama 14 kali pengamatan dengan
subjek tunggal. Pada kondsi baseline (A1) terdiri dari 4 sesi, kondisi intervensi
terdiri dari 7 sesi, dan pada kondisi baseline (A2) terdiri dari 3 sesi. Subjek dalam
penelitian adalah anak autisme berjenis kelamin laki-laki dengan umur 11 tahun
yang bersekolah di SLB Khansa, Padang.
Pengolahan data diukur dan dianalisis. Penelitian ini menganalisis
perbandingan antara hasil baseline A1, hasil intervensi B dan hasil baseline A2.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung menggunakan jenis
pengukuran dalam bentuk persentase (%) dengan alat pencatatan data memakai
format pengumpul data yaitu instrument tes berbentuk ceklis. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis visual grafik.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis setiap kondisi pada baseline
(A1), intervensi (B) dan baseline (A2) didapatkan bahwa anak mampu berbahasa
ekspresif (mand) yang terdiri dari mand makanan dan mand barang dengan
bantuan intervensi. Hal ini dibuktikan pada hasil penelitian yang terdapat pada
kondisi intervensi (B) dan baseline (A2) skor yang diperoleh anak lebih tinggi dari
pada skor di kondisi baseline (A1). Hal ini membuktikan bahwasanya kemampuan
berbahasa ekspresif (mand) pada anak autisme mengalami peningkatan secara
positif dengan keterjalan yang tinggi setelah dilakukan intervensi dengan
menggunakan pendekatan ABA VB.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 19 May 2025 08:15
Last Modified: 19 May 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item
View Item